Pengertian Link Nofollow dan Link Dofollow

Updated at : November 23, 2012
Dofollow dan nofollow adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jenis atau tipe dari sebuah link . Secara umum ada dua macam tipe backlink yang di kenal di dunia internet , kedua tipe backlink tersebut adalah backlink nofollow dan backlink dofollow  . 

Kita akan mulai dengan pengertian backlink nofollow terlebih dahulu , inti dari pengertian backlink nofollow yang berkaitan dengan seo adalah backlink yang tidak di hitung oleh mesin pencari dalam meranking atau memberikan peringkat kepada halaman blog atau website yang di tautkan atau di link.

Jadi dari pengertian diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa berapapun backlink nofollow yang didapatkan oleh blog kita , backlink-backlink tersebut tetap akan di hitung oleh mesin pencarian namun backlink -backlink nofollow tersebut tidak akan mendongkrak performa blog kita (peringkat blog kita) pada halaman pencarian karena backlink nofollow tidak di hitung mesin pencari dalam memberikan peringkat ada sebuah blog . Peringkat bisa berupa peringkat di halaman pencarian maupun peringkat Page rank google .

Lalu apa pengertian backlink dofollow , secara singkat Backlink dofollow dapat dikatakan sebagai lawan dari backlink nofollow , Jika mesin pencari tidak menghitung backlink nofollow dalam meberi peringkat sebuah blog , maka mesin pencari menghitung backlink dofollow dalam memberikan peringkat sebuah blog atau website , Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin banyak backlink dofollow yang mampu didapat sebuah blog maka semakin bagus peringkatnya di halaman pencarian mesin pencari .

Pertanyaan yang sering kali muncul adalah , bagaimana kita dapat membedakan antara link yang memiliki atribut dofollow dengan yang memiliki atribut nofollow ? cara yang paling mudah adalah dengan melihat source code atau kode html dari sebuah link . Link yang memiliki atribut nofollow  kode html nya akan tampak seperti ini :

               < a href="http://www.contoh.com/" rel = "nofollow">link text</a>

dari kode diatas kita dapat lihat bersama bahwa link nofollow memiliki tambahan kode 
rel ="nofollow" . sedang link dofollow tidak memiliki tambahan kode tersebut .

Untuk cara yang paling mudah membedakan link nofollow dan link dofollow akan saya posting pada kesempatan berikutnya .

Demikian sekilas pengertian dari link nofollow dan link dofollow semoga bermanfaat .





No comments: