Faktor penting dalam Budidaya Ikan Lele dumbo

Updated at : March 02, 2013
Faktor penting dalam Budidaya Ikan Lele dumbo - ikan lele sudah terkenal di negri indonesia akan kelezatan rasa dagingnya dan banyak di cari penggemar kuliner . Selain rasa dagingnya yang enak ikan lele juga memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan selain itu ikan lele juga mudah untuk di budidayakan jadi tidak ada salahnya jika di jadikan salah satu peluang usaha .
Berikut ini adalah beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam membudidayakan ikan lele :

1. Kolam pembesaran untuk ikan lele dumbo sebaiknya di buat dengan ukuran 7x5 meter dan kedalaman satu meter .
2. Pengeringan , pengapuran dan pemupukan .
Pada hari keempata pengeringan taburkan kapur kurang lebih 100 gram permeter persegi ,pupuk  kandang 700 gram permeter persegi ,biarkan selama kurang lebih tiga hari tanpa air .
Pada hari ketujuh aliri kolam dengan air setinggi 20-40cm dan biarkan selama 1 minggu sampai air berwarna hijau .
setelah itu tambahkan air hingga tinggi air mencapai 1 meter .
3. Penebaran benih lele dumbo .
Penebaran benih sebaiknya dilakukan pada waktu pagi hari pada waktu matahari belum terlalu tinggi ,penebaran benih dengan kepadatan 40 ekor per meter persegi untuk umur bibit 1 bulan ( ukuran 5-109cm ) .
4. Makanan .
Selain makanan alami yang berupa plankton ikan lele perlu diberi makanan tambahan berupa ikan basah ,bangkai yang di bakar terlebih dahulu ,dan pelet .
5. Pada lingkungan yang jelek akan timbul penyakit pada ikan lele dengan tanda tanda tubuh lele tumbuh bisul , dan hati dan limpa ikan rusak .
Untuk menanggulanginya 
a. Air kolam perlu diganti .
b. Pakan dicampur antibiotika ( tetracylin ) dengan dosis 1cc tiap 100 gram berat lele perhati selama dua minggu .
c. lele yang sudah terserang bisa diobati dengan garam dapur lele direndam dalam larutan garam dengan konsentrasi 30 gram perliter .
6. Panen ikan lele dapat dilakukan pada umur 3 bulan terhitung saat penebaran benih dengan berat dari 10 gram menjadi 200-300gram

Keterangan lainnya :
 Untuk memeberikan makanan tambahan bisa berupa : diatas kolam bisa diberi wc , bangkai ayam atau itik yang dibakar , sisa-sisa makanan dapur , kotoran ayam dengan cara tumpang sari/mina ayam.

Nah demikian Faktor penting dalam Budidaya Ikan Lele dumbo semoga bermanfaat bagi anda .




1 comment:

masterz-seo said...

artikelnya bagus dan sangat bermanfaat..thanks sudah berbagi ilmu tentang budidaya ikan lele..