Tips sederhana merawat burung kenari

Updated at : April 21, 2013
Dewasa ini Burung kenari sedang booming ditempat kerja banyak orang membicarakan burung kenari di lingkungan rumah juga banyak orang yang mendadak menyukai burung kenari. Terinspirasi hal diatas saya mencoba berbagi sedikit info mengenai burung kenari.
gambar burung kenari
Burung kenari banyak disukai karena warna bulunya yang memiliki corak yang indah dan juga karena suara kicauannya yang juga enak untuk didengar. Burung ini di alam bebas merupakan pemakan berbagai jenis biji-bijian dan kadang juga memakan buah-buahan selain itu burung kenari juga berjemur matahari terutama pada waktu pagi dan sore hari oleh para pemeliharanya burung ini juga banyak dijemur agar lebih sehat serta bugar tetapi pada saat anda menjemur carilah saat yang tepat dengan udara yang tidak terlalu panas agar proses menjemur tidak berakibat buru untuk kesehatan burung kesayangan anda.
gambar burung kenari
Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang memiliki manfaat besar dalam memelihara burung kenari silahkan anda baca selengkapnya.

1. Jagalah selalu kebersihan kandang. kandang adalah tempat tinggal burung yang tentu akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan seekor burung oleh karena itu penting sekali membersihkan kandang dari sisa makanan dan kotoran burung sebaiknya lakukan setiap hari agar menadapat kondisi yang maksimal, selain kebersihan kandang kebersihan tempat minuman dan pakan juga harus selalu dibersihkan juga.

2. Berikan minum yang cukup . layaknya manusia burung kenari juga sangat membutuhkan air untuk memperlancar proses metbolismenya oleh karena itu harus selalu diperhatikan ketersediaan minum serta jaga juga kebersihan air minumnya.

3. Berikan pakan yang cukup . dialam bebas burung kenari adalah pemakan biji-bijian jadi berikan pakan berupa biji-bijian yang cukup agar kenari tidak telat makan, bisa juga sesekali diberikan pakan tambahan berupa sayuran dan buah-buahan serta multivitamin agar kondisi burung kesayangan anda tetap prima.

4. Jangan lupa berikan tempat bertengger pada sarangnya agar burung kenari dapat bermain serta jaga selalu kebersihannya dari kotoran burung dan sisa makanan.

5. jangan meletakan sarang yang terkena hembusan angin yang terlalu kencang dan berlebihan karena akan mudah membuat kondisi burung memburuk .

6. Sesekali mandikan burung dengan cara disemprot agar memberikan efek segar serta dapat membantu membersihkan tubuh dan bulu burung peliharaan anda.

Itu tadi beberapa tips sederhana merwat burung kenari semoga dapat memberi manfaat kepada anda, jika anda memilihara kenari lama-kelamaan mungkin akan muncul keinginan untuk mengembang biakannya karean harga jual dari burung ini yang lumayan tinggi serta banyaknya macam serta jenis dari burung kenari.







No comments: