Panduan mudah membeli dan memesan tiket kereta api di stasiun kereta

Updated at : May 02, 2013
Membeli tiket kereta api sebenarnya ada ddua cara yakni secara online dan offline , yang akan saya bahas hari ini adalah membeli tiket kereta api langsung di stasiun kereta . bagi yang sering melakukan perjalanan dengan jasa angkutan kereta api mungkin sudah tahu dengan cara baru yang di terapkan dalam memesan tiket kereta.
Dahulu membeli tiket bisa langsung datang ke stasiun tanpa syarat apapun kita hanya tinggal bilang tujuan dan jumlah tiket yang akan di beli pasti anda akan langsung dilayani tetapi sekarang caranya sudah berbeda anda harus terlebih dahulu mengisi formulir pemesanan tiket terlebih dahulu ini di harapkan akan lebih meningkatkan kualitas pelayanan pt kereta api.



Berikut ini adalah panduan mudah membeli tiket kereta api berdasarkan pengalaman pribadi langsung saya sendiri :

1. Bawalah kartu identitas yang anda punya dan masih berlaku . bila anda akan membeli tiket untuk saudara atau teman anda saran saya bawa serta kartu identitas mereka juga. Kartu indentitas diperlukan untuk mengisi formulir pemesanan tiket yang harus anda isi sesuai nama dan nomor kartu identitas yang anda miliki . jika anda memesana lebih dari satu tiket untuk teman anda isilah juga nama dan nomor kartu identitas mereka . Jika anda memiliki anak di bawah usia 17 tahun yang belum memiliki kartu identitas bisa anda isi di formulir pemesanan hanya nama dan tanggal lahirnya saja.

2. Untuk satu lembar formulir pemesanan bisa di gunakan untuk memesan maksimal empat buah tiket jadi jika anda akan memesan lebih dari empat mintalah lembar pemesanan tiket lebih dari satu lembar kepada satpam atau petugas lainnya.

3. Jangan lupa membawa bolpoin sendiri agar lebih cepat mengisi formulir pemesanan daraipada anda harus mengantri bolpoin nantinya .

4. Setelah anda mengisi lengkap formulir pemesanan yang berisi :

  • Nama pemesan tiket ( nama harus sama dengan nama yang tertulis di karu identitas )
  • Nomor kartu identitas
  • Nama penumpang 1 sampai empat maksimal per lembar formulir
  • Nomor kartu identitas penumpang 1 sampai empat
  • Jadwal keberangkatan kereta
  • Nama kereta api
  • Tujuan anda
  • nomor telepon


Setelah data diatas anda isi semua anda bisa mengantri untuk membeli tiket diloket yang sudah disediakan di stasiun kereta api .

5. saran saya pesanlah tiket minimal satu minggu sebelum tanggal keberangkatan anda karena jika anda membeli tiket di waktu saat anda berangkat takutnya nanti bisa kehabisan tiket . Ini di karenakan jumlah penumpang yang dibatasi oleh jumlah tempat duduk yang ada .

Demikian cara membeli tiket kereta api berdasarkan pengalaman pribadi saya semoga bermanfaat dan dapat membantu anda.




4 comments:

Anonymous said...

sangat membantu< terimakasih

Ibnu Prabowo said...

Tidak harus mengisi formulir yang disediakan. Pengalaman saya, kita bisa memberikan kertas dengan tulisan jelas dan format (nama, alamat, no identitas, nama KA, asal dan tujuan KA) yang sama dengan formulir pemesanan/pembatalan yang ada di stasiun. Ini sangat memudahkan bagi lansia, agar tidak berdesakan dan kesulitan membaca sekaligus mengisinya..

Lek Onny said...

Terima kasih bro. Saya tambahkan, kalau mau beli online harus 10 jam sebelumnya

Nia Rizky Maharani said...

Trmksh infonya