Hal yang perlu diprerhatikan dalam memberi nama yang baik untuk anak

Updated at : June 13, 2013
Memberikan nama untuk anak memang gampang-gampang susah , salah-salah nama anak anda nantinya bisa menjadi beban untuk anak anda dan anda sendiri nantinya karena nama yang anda berikan untuk anak anda akan di gunakan untuk memanggil pada hari perhitungan amal baik manusia di hari kiamat . maka berhati-hatilah dalam memberikan nama untuk buah hati anda tercinta , sebaiknya berikan nama yang mengandung arti yang baik sebagai harapan dan do'a anda untuk anak anda .
Berikut ini ada sedikit tips dari kami untuk memberikan nama pada anak silahkan di simak selengkapnya :
1. Banyak yang mengatakan nama adalah do'a dan harapan orang tua untuk anak jika si anak besar nanti , jadi berikan nama yang mempunyai arti yang baik jangan memberikan nama yang memiliki arti yang buruk walaupun nama itu kedengarannya bagus . pilah dan pilih nama sebaik mungkin dan ketahui arti dari nama tersebut .

2. Jangan memberi nama anak dengan nama yang serupa dengan nama-nama orang kafir , nama asing , nama syeitan , nama patung , memberikan nama yang mempunyai arti penghambaan kepada selain Allah .

3. Diriwayatkan dari Ibnu umar Rasulullah berkata : jika nama yang paling disukai Allah adalah Abdullah dan abdurrahman .

4. Nama yang tidak boleh digunakan untuk nama orang adalah nama-nama allah seperti : Al-ahad(yang maha esa), As-shamad(tempat bergantung segala sesuatu), Al-khaliq(pencipta), Ar-raaziq(yang memberi rizki) begitu juga nama-nama yang menjadi kekhususn-NYA.

5. Yang juga dilarang untuk dijadikan nama adalah nama surat-surat pada al qur'an seperti Thaha, yasin dan lain sebagainya , bahkan imam malik menegaskan makruhnya menggunakan nama yasin.

6. Rasulullah bersabda : " janganlah sekali-kali kalian memberikan nama anak Yasaaran(senantiasa mendapat kemudahan), Rabaahan(keuntungan), Najaahan(keberhasilan dan kesuksesan) dan juga Aflah(sukses) .sebaba engkau akan berkata " apakah hal itu ada padanya? maka ketika tidak ada dia berkata "tidak" .( diriwayatkan oleh imam muslim dari samurah bin jundub ).

sebenarnya masih banyak hal yang harus diperhatikan dalam memberikan nama untuk
anak tetapi karena terbatasnya ilmu dan pengetahuan sehingga penulis tidak bisa menulisknannya secara rinci disini . jadi saran saya perbanyaklah membaca buku tentang hukum memberikan nama untuk anak dan banyak bertanya kepada orang yag berilmu .