Keuntungan beternak Itik daripada jenis unggas yang lain

Updated at : June 01, 2013
Keuntungan beternak unggas itik daripada yang lainnya - orang yang masih awam biasanya meremehkan potensi dari hewan yang satu ini , itik atau bebek memang identik dengan air , lumpur , dan bau . hal ini tentunya sudah menjadi pandangan umum yang melekat pada bebek . Anda semua pasti tahu jika harga daging bebek lebih mahal dari daging ayam  , timbul pertanyaan kenapa bisa begitu ? yups ini dikarenakan rasa yang dimiliki oleh daging bebek yang gurih dan khas .

Ketika saya masih tinggal di desa saya dulu saya kerap sekali menemukan telur bebek di berbagai tempat baik itu dipekarangan dan juga di pinggir sungai , bebek memang memiliki kebiasaan buruk yakni senang bertelur sembarangan jika mereka bertelur jarang sekali yang bertelur di satu tempat atau disarang hal ini perlu anda perhatikan jika anda ingin berternak bebek dengan cara angon perhatikan apakah ada telur yang tercecer ketika bebek berpindah lokasi mencari makan , sebaiknya kandang diberi pagar setinggi kurang lebih 50cm tidak perlu tinggi-tinggi karena bebek tidak bisa terbang .


Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari beternak itik daripada jenis unggas lainnya :

  1. Bebek memiliki kekebalan tubuh terhadap berbagai ancaman yang sangat baik di banding dengan jenis unggas yang lain . jadi kemungkinan bebek mati karena penyakit lebih kecil dibanding unggas seperti ayam .
  2. Telur bebek merupakan telur dengan harga pasaran yang paling tinggi dipasaran telur bebek juga banyak diolah menjadi telur asin oleh para penjual telur asin hal ini tentu membuka peluang pemasaran yang luas .
  3. Daging bebek mempunyai rasa yang lebih gurih dan lezat di bandingkan daging unggas lainnya sehingga harga daging bebek relatif lebih mahal dari daging unggas lainnya , daging bebek ditempat saya tinggal sekarang banyak sekali digunakan untuk sajian sego bebek dan sambal di warung penyetan sehingga kemungkinan menjual juga lebih mudah karena banyak digunakan untuk kuliner yang banyak dicari .
  4. Bebek tidak memerlukan kandang yang harus dibuat secara khusus seperti pada ayam dan burung puyuh , bebek cukup diberi tempat berteduh yang cukup dan dipagar pendek memutar itu sudah cukup . karena bebek tidak bisa terbang dan tidak bisa melompat sehingga pembuatan kandang menjadi lebih mudah cukup sediakan sumber air yang cukup dan tempat berteduh dari sinar matahari dan hujan .
  5. Pakan bebek juga lebih mudah di dapat dan gampangkarena bebek termasuk hewan yang rakus makanan seperti nasi sisa , sisa makanan dapur , bekicot ( dipercaya bisa meningkatkan produktivitas telur bebek ) , dan yang lainnya
Lima alasan diatas kiranya bisa menjadi pertimbangan anda untuk memilih kegiatan beternak anda . dengan luas lahan yang sama jika beternak bebek di bandingkan bercocok tanam seperti jahe maupun tanaman yang lain , lebih produktif jika digunakan untuk beternak bebek .

Apalagi jika tempat tinggal anda berada di desa yang masih jarang penduduknya dan mudah mendapat air itu merupakan tempat ideal untuk berternak bebek .




1 comment:

Perusahaan O.D.A.P said...

Hasilkan Blog Anda Menjadi Mesin Penghasil Uang Dengan Penghasilan 3 Juta - 15 Juta / Minggu, Daftar & Pelajari Segera Caranya Di http://newkerjaonline2014.blogspot.com/