Manfaatkan pekarangan sempit rumah dengan bertanam cabai dalam pot

Updated at : June 01, 2013
Bila anda memiliki pekarangan rumah yang sempit yang tidak anda manfaatkan sebaiknya mulai dari sekarang manfaatkanlah pekarangan sempit rumah anda untuk menanam tumbuhan selain bermanfaat untuk memperindah pemandangan di rumah juga bisa membantu program penghijauan untuk mengurangi pemanasan global .Nah jika anda bingung apa yang akan ditanam di pekarangan rumah saya akan memberi satu ide yakni menanam cabai dalam pot , mengapa bertanam cabai ? yah lumayan buat mengurangi ongkos belanja dapur serta di karenakan perawatannya yang mudah , saya bilang mudah perawatannya disini karena berdasarkan pengalaman saya mengamati ibu saya yang membuang sebagian biji cabai ketika memasak agar masakannya tidak terlalu pedas nah biji cabai yang di buang itu walaupun tidak dirawat dan di biarkan begitu saja bisa tumbuh dengan sempurna tanpa diserang oleh hama dan penyakit sampai bisa menghasilkan buah yang lebat . nah dari sini saya berfikir tidak dirawat saja bisa berbuah tanpa kekurangan suatu apapun apalagi kalau dirawat dan diberi pupuk yang cukup pasti hasilnya memuaskan .

Cara menanam cabai dalam pot sebenarnya tidak berbeda jauh dengan bertanam bunga intinya sama saja mempersiapkan pot , tanah yang gembur , pupuk yang cukup dan bibit serta melakukan penyiraman yang teratur . bedanya kalau kita menanam bunga kita hanya bisa memandang bunganya saja sedang jika kita bertanam cabai kita bisa memetik dan memanfaatkan hasilnya .


berikut ini adalah beberapa hal dan persiapan yang harus anda lakukan untuk bertanam cabai :
  1. bacalah berbagai info dapat melalui buku , atau media online mengenai cara bertanam cabai agar hasil yang anda peroleh bisa maksimal .
  2. Siapkan pot untuk tempat menanam dan juga siapkan pupuk yang baik bisa dari pupuk kandang atau pupuk organik .
  3. siapkan benih cabai , bisa di beli di toko yang menjual berbagai jenis benih atau bisa juga anda membuat benih sendiri dengan cara mengeringkan cabai sampai benar-benar kering kemudian bijinya bisa di semaikan .
  4. Siapkan tanah untuk media penanaman , campur tanah yang gembur dan subur dengan pupuk yang sudah anda dapat aduk rata .
  5. semai bibit terlebih dahulu hingga tumbuh batang dan daun kira-kira usia 4 minggu kemudian pinahkan kedalam pot yang sudah diisi tanah yang bercampur denagn pupuk , proses pemindahan sebaiknya dilakukan pada waktu pagi ketika matahari belum tinggi dan pada sore hari usahakan saat memindahkan dari tempat penyemaian tetap ada tanah yang menempel pada akar bibit agar bibit nantinya tidak layu .
  6. Lakukan pemantauan dan perawtan pada pertumbuhan bibit jika ada rumput liar yang tumbuh disekitar pohon cabai segera buang dan bersihkan agar tidak menganggu pertumbuhan .
  7. Proses penyiraman sebaiknya dilakukan pada pagi dan sore hari jangan melakukan penyiraman pada waktu siang hari saat cuaca panas karena dapat membuat layu tanaman .
Nah dengan menanam cabai anda bisa memperoleh dua manfaat sekaligus yakni membantu mengurangi pemanasan global dengan menanam tumbuhan dan juga bisa mengurangi ongkos belanja bumbu dapur cabai .

Jika pekarangan rumah anda sempit dan anda ingin menghasilkan cabai yang banyak anda bisa membuat rak semisal dengan bambu agar bisa menanam dua atau bahkan tiga tingkatan pot . sekian dari saya semoga bisa memperoleh hasil yang maksimal dan memuaskan .




No comments: