Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Baik dan Benar, Beserta Cara Membuatnya

Updated at : March 30, 2017
Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Baik dan Benar - Contoh surat Adakalanya kita tidak bisa masuk sekolah di karenakan berbagai keperluan seperti keperluan keluarga dan juga karena sakit , nah bila kita atau anak anda tidak bisa masuk sekolah dan tidak memberikan keterangan yang jelas kepada Guru tentu dapat membuat nilai absensi menjadi berkurang dan bahkan jelek . Oleh karena itu baiknya jika anda atau anak anda tidak bisa masuk sekolah lebih baik membuat sebuah surat ijin agar nantinya tidak mengurangi nilai raport.

Melalui artikel sederhana ini saya akan memberikan bagaimana cara membuat surat ijin sekolah yang baik bagi anda yang mungkin mengalami kesulitan dalam membuat surat izin, Idealnya untuk membuat surat ijin sekolah harus memakai bahasa Indonesia yang baik sesuai dengan EYD atau ejaan yang disempurnakan.
.

Nah berikut pembahasan lengkap bagaimana membat surat izin sekolah lengkap dengan beberapa contoh surat izin untuk tidak masuk sekolah. Seorang pelajar atau siswa baik itu SD, SMP, SMU/SMA, Madrasah dan SMK tentu memiliki beragam alasan yang berbeda beda jika mereka tidak masuk sekolah seperti sakit dan keperluan keluarga.
Artikel terkait : contoh surat lamaran kerja
Sebelum kita membahas contoh surat izin sekolah, alangkah baiknya terlebih dahulu kamu mengetahui bagaimana cara membuat surat izin tidak masuk sekolah yang baik dan benar di bawah ini.

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Dalam menulis surat izin sekolah, Setidaknya ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan, seperti pengirim surat, alasan membuat surat izin, serta tujuan dari surat izin tersebut. Berikut pembahasan lengkapnya.

Pengirim Surat Izin

Pengirim surat izin sangat penting ada dalam sebuah surat izin, Pengirim haruslah memuat informasi siapa yang mengirim surat tersebut dengan jelas. Umumnya dalam sebuah surat izin sekolah nama pengirimnya mencantumkan nama dari wali atau orang tua dari siswa yang berhalangan tidak masuk sekolah tersebut.

Alasan Dalam Surat Izin

Bagian ini menjelaskan alasan yang menyebabkan seorang siswa tidak bisa atau berhalangan hadir di sekolah. Misalnya karena sakit, urusan keluarga serta kebutuhan penting yang tidak dapat ditinggalkan lainnya.

Tujuan Untuk Siapa Surat Izin Dibuat

Bagian ini memuat informasi kepada siapa surat izin tersebut akan di tujukan. Apakah untuk Bapak/Ibu Kepala Sekolah atau kepada wali kelas siswa yang berhalangan hadir tersebut. Umumnya sebuah surat izin sekolah ditujukan kepada wali kelas siswa yang bersangkutan.

Peru kamu ketahui, Surat izin sekolah termasuk dalam kategori surat resmi. Nah dalam membuat surat resmi tentu kita juga harus memakai sebuah format standar surat resmi. Berikut ini merupakan poin-poin penting yang harus kamu sertakan dalam membuat surat izin :
  • Tanggal Surat 
  • Alamat Surat
  • Salam Pembuka
  • Kalimat Pembuka Surat
  • Isi Surat
  • Salam Penutup
  • Nama Pengirim
Beberapa hal di atas merupakan bagian yang harus ada dalam sebuah surat izin, Selain hal tersebut masih ada yang harus kamu perhatikan dalam membuat surat izin tidak masuk sekolah yaitu :
  • Surat izin sekolah dibuat dengan alasan yang benar atau sesuai fakta
  • Surat izin sebaiknya dibuat dengan menggunakan tulisan tangan
  • Jika surat izin tidak masuk sekolah dibuat karena alasan sakit, umumnya setelah hari ke 3 disertai dengan surat keterangan sakit dari dokter.
  • Surat izin sekolah dapat dibuat oleh siswa/siswi sendiri atau juga dibuat oleh orang tua siswa yang bersangkutan.
Setelah kamu memahami poin-poin penting diatas, kita akan lanjut menuju uraian utama yaitu contoh surat izin tidak masuk sekolah.

Seperti apa yang sudah saya sampaikan pada paragraf pembuka di atas, bahwa format penulisan surat izin tidak masuk sekolah apapun alasannya, tetap sama, meskipun demikian, akan saya sertakan juga contoh surat izin tidak masuk sekolah karena ada kepentingan keluarga.

Baca juga : Contoh Surat Pernyataan | Cara Membuat Surat Pernyataan yang Baik

Sebagai gambaran untuk kamu dibawah ini kami bagikan beberapa buah contoh surat izin sekolah yang bisa kamu buat sendiri dengan tulisan tangan, silahkan disimak selengkapnya :

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit

Semarang , 30 Maret 2017

Kepada : Yth Bapak/Ibu Guru wali kelas 3c
               SMP N 4 gombong
               Ditempat

Dengan hormat
Saya orang tua dari siswa yang bernama :

Nama   : Suparmins de caprio
Kelas    : 3c SMP N 4 gombong
Alamat :  Jln . merdeka raya no 20a semarang

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak bisa mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini , Kamis 30 maret 2017 dikarenakan sakit . Oleh karena itu sudilah Bapak/ibu guru memberikan izin . Demikian surat ini saya buat , atas perhatian dan waktu yang Bapak/ibu guru berikan saya ucapkan terima kasih .

    Hormat saya

 ( Tanda tangan )

( nama wali murid )

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Benar
Ilustrasi

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Keperluan Keluarga

Semarang , 30 Maret 2017

Kepada : Yth Bapak/Ibu Guru wali kelas 4c
               SMA N 4 gombong
               Ditempat

Dengan hormat
Saya orang tua dari siswa yang bernama :

Nama   : Lasiman
Kelas    : 4c SMA N 4 gombong
Alamat :  Jln . merdeka raya no 20a semarang

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak bisa masuk sekolah dan mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini , kamis 30 Maret 2017 dikarenakan ada keperluan keluarga yang tidak bisa di tinggalkan oleh anak saya . Oleh karena itu sudilah Bapak/ibu guru memberikan izin dan memakluminya  . Demikian surat ini saya buat , atas perhatian dan waktu yang Bapak/ibu guru berikan saya ucapkan terima kasih .

    Hormat saya

 ( Tanda tangan )

( nama wali murid )

Contoh Surat Tidak Hadir ke Sekolah

Kebumen, 1 April 2017

Kepada

Yth. Bapak/Ibu guru (Wali kelas XI IPA) SMU Negri 1 Kebumen

di- Tempat


Dengan hormat

Saya orang tua dari siswa yang bernama :

Nama : Yulia Sri Yuliani

Kelas : XI IPA SMU Negri 1 Kebumen

Alamat : Perumahan Graha Indah, Sruweng


Memberitahukan jika putri saya tersebut tidak bisa hadir ke sekolah seperti biasa pada hari ini, Sabtu 1 April  2017 dikarenakan harus menghadiri undangan pernikahan keluarga di Surabaya.

Oleh karena itu sudilah Bapak/Ibu guru untuk memberikan izin kepada putri saya. Demikian surat ini saya buat, atas perhatian yang Bapak/Ibu guru berikan saya ucapkan banyak terima kasih.



Hormat saya



Ahmad Bustomi

Baca juga : Contoh Surat Dinas Resmi Yang Benar
Demikian sekilas informasi terbaru mengenai  Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah, semoga pembahasan singkat diatas bisa membantu serta bermanfaat untuk kamu sekalian, Dalam membuat surat izin yang baik kamu harus memperhatikan tanda baca serta tata bahasa yang baik.




2 comments:

Najla Alliya said...

tks, yg lain tidak dapat dikopas contoh surat lamarannya. blog anda bisa, semoga rejeki anda bertamba lancar. amin

Cream Sari said...

Saya kok cenderung memakai kata 'kami' sebagai orang tua ya,,,