Ciri khusus kaktus

Updated at : August 28, 2014
Ciri khusus kaktus - Kaktus merupakan tumbuhan yang mampu hidup di daerah kering dengan minim curah hujan seperti gurun pasir, semi gurun dan padang rumput. Tumbuhan kaktus mampu hidup di daerah dengan jumlah air yang sedikit karena memiliki beberapa kemampuan unik untuk bertahan hidup dengan menyesuaikan keadaan lingkungan sekitarnya.

Ciri khusus kaktus

Kaktus pada saat ini banyak di budidayakan untuk tujuan komersil seperti dijadikan tanaman hias, banyak orang mulai menyukai kaktus karena tumbuhan kaktus memiliki bentuk yang unik dan indah serta mudah dalam perawatannya. Tumbuhan kaktus cukup di siram satu minggu sekali itu sudah lebih dari cukup.

Berikut ini merupakan ciri khusus kaktus yang membuat kaktus mampu hidup di daerah dengan cadangan air yang sedikit bahkan cenderung kering :
  • Mempunyai sistem perakaran atau akar yang sangat panjang untuk membantu menemukan sumber air.
  • Mempunyai bentuk daun yang menyerupai duri yang berfungsi untuk mengurangi penguapan air.
  • Memiliki kemampuan menyimpan cadangan air di dalam batang, hal ini dapat dilakukan karena batang kaktus yang banyak memiliki pori-pori.
  • Tumbuhan ini membuka mulut daun atau stomata yang dimilikinya hanya pada malam hari.
Tumbuhan ini mempunyai beraneka ragam bentuk, ada yang berbentuk pipih, batang silinder, bulat dan lain sebagainya. Bentuknya yang unik membuat kaktus cocok di jadikan sebagai tanaman penghias rumah kita.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan untuk anda semoga bermanfaat, terima kasih telah membaca artikel tentang Ciri khusus kaktus.