Ciri khusus tumbuhan dan fungsinya

Updated at : December 22, 2015
Ciri khusus tumbuhan - Setiap jenis tumbuhan yang ada didunia pada dasarnya diciptakan dengan ciri yang berbeda, masing-masing memiliki ciri-ciri khusus yang dapat digunakan untuk bertahan hidup. Dan bagi kita manusia ciri tumbuhan tersebut dapat digunakan untuk membedakan jenis-jenis tanaman.

Melalui tulisan sederhana ini saya akan membagikan Beberapa tumbuhan dengan ciri khususnya masing-masing silahkan disimak selengkapnya :

Ciri khas Bunga Mawar
 
Ciri khas yang paling menonjol dari bunga mawar adalah batangnya yang berduri, batang yang berduri ini memiliki fungsi utama sebagai alat untuk mempertahankan diri dari musuh alami bunga mawar. Selain duri ciri lain dari bunga mawar adalah mempunyai sistem perakaran tunggal atau akar tunggang.

Ciri khas Tumbuhan Kaktus 

Kaktus merupakan tanaman yang hidup didaerah yang memiliki curah hujan sangat minim sehingga untuk dapat bertahan hidup tanaman kaktus dibekali dengan batang yang tebal seperti gabus yang berfungsi sebagai tempat penimpanan air, selain itu kaktus juga memiliki daun yang kecil hampir menyerupai duri yang berfungsi untuk mengurangi jumlah penguapan air.

Ciri khusus Tumbuhan Kantong semar 

ciri dari kantong semar adalah memiliki cairan khusus yang digunakan untuk mencerna mangsanya yang berupa serangga. Tanaman ini merupakan tumbuhan pemakan serangga yang mempunyai daun berbentuk kantung yang berfungi sebagai tempat mencerna mangsanya.

Ciri khusus Tumbuhan Putri malu

Disebut putri malu karena jika tanaman ini disentuh maka daunnya akan menutup seperti orang yang malu-malu, memiliki ciri khusus batang yang berduri yang berfungsi sebagai alat pertahanan diri dari serangan musuh.

Ciri khusus Tumbuhan Bunga teratai

Tanaman ini masuk dalam kategori tumbuhan hydrophyta yakni tumbuhan yang bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan air. ciri dari bunga teratai adalah mempunyai daun yang lebar yang berfungsi untuk mepermudah proses penguapan air. selain itu batangnya mempunyai rongga-rongga untuk menyimpan udara agar tanaman ini bisa mengapung di air.

Ciri khusus Enceng Gondok

Sama seperti bunga teratai  tanaman ini juga mempunyai ciri tangkai daun yang berongga yang berfungsi untuk mennyimpan udara agar tanaman ini dapat mengapung dipermukaan air.

Ciri khusus Bunga Raflesia dan Bunga Bangkai

Mempunyai ciri khas mampu mengeluarkan bau busuk yang menyengat seperti bau bangkai yang berfungsi untuk memikat lalat agar datang dan hinggap pada bunga tersebut dan nantinya lalat itu akan membantu proses penyerbukan bunga tersebut.

Ciri khusus Bunga matahari 
Bunga ini memiliki bentuk dan warna yang menyerupai matahari serta selalu mengikuti kemana arah cahaya matahari, Bunga ini hanya tunbuh didaerah dengan sinar matahari yang cukup untuk dapat menopang hidupnya.

Ciri khusus Bambu 

Bambu memiliki ciri khusus tumbuhan yaitu bulu gatal yang berfungsi sebagai alat untuk mempertahankan diri.

Ciri khusus Tanaman Bakau

Tanaman bakau mempunyai akar nafas yang berfungsi sebagai alat pernafasan jika tumbuhan tergenang air.

Itulah beberapa ciri khas tumbuhan dan fungsinya yang dapat kami bagikan untuk anda pembaca semua, perlu anda ketahui masih banyak sekali tanaman dengan ciri khasnya masing-masing yang tidak bisa saya jabarkan disini satu persatu karena keterbatasan waktu dan pengetahuan.

Contoh ciri khas tumbuhan :
  • Batang berongga.
  • Daun lebar dan tipis.
  • Mampu mengeluarkan bau busuk.
  • Akar nafas.
  • Batang berduri.
  • Batang tebal.
  • Menggugurkan daun.
  • dan masih banyak lainnya.
Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda dan saya ucapkan terima kasih telah membaca Ciri khusus tumbuhan dan fungsinya.