Letak indonesia secara geografis diantara dua benua

Updated at : August 23, 2014
Letak indonesia secara geografis - Indonesia secara geografis terletak diantara dua benua yaitu benua asia dan benua australia serta indonesia juga terletak diantara dua samudra yaitu samudra hindia dan samudra pasifik. Letak indonesia bisa dibilang sangat strategis secara geografis.

Letak indonesia secara geografis diantara dua benua
letak goegrafis indonesia
Dengan melihat gambar diatas kita dapat secara jelas melihat jika indonesia berbatasan dengan dua benua yaitu benua asia di utara dan benua australia di selatan serta indonesia juga diapit oleh dua samudra besar yaitu samudra hindia di sebelah barat dan smudra pasifik disebelah timur.

Posisi indonesia bisa di bilang strategis karena :
  • Indonesia terletak di antara dua benua besar yang jika di tarik garis indonesia di lewati oleh jalur pelayaran antar dua benua, karena indonesia terletak di jalur pelayaran internasional  menjadikan indonesia sebagai tempat transit yang ramai.
  • indonesia terletak di antara dua samudra besar yang menjadikan indonesia sebagai negara dengan perairan terluas di dunia yang membuat indonesia kaya akan sumber daya laut, serta menjadikan indonesia tempat singgah bagi kapal-kapal yang berlayar melalui dua samudra tersebut.
Batas-batas wilayah Negara indonesia berdasarkan letak geografis indonesia 
  • Di sebelah utara letak geografis indonesia berbatasan dengan selat malaka, laut andaman, samudra pasifik, laut cina selatan dan malaysia bagian timur.
  • Di sebelah selatan letak geografis indonesia berbatasan dengan benua australia, samudra hindia, laut timor dan laut arafura.
  •  Di sebelah barat letak geografis indonesia berbatasan dengan samudra hindia.
  • Di sebelah timur letak geografis indonesia berbatasan dengan samudra pasifik dan papua new guinea ( papua nugini ).
Karena letak indonesia di jalur pelayaran internasional mau tidak mau akan berpengaruh terhadap kebudayaan dan kehidupan di indonesia. sebagai contoh masuknya pengaruh budaya dan kuliner dari berbagai wilayah di dunia mulai dari china, arab, india sampai belanda yang masih bisa kita saksikan keberadaannya hingga saat ini. selain kuliner budaya berpakaian saat ini juga mengalami pergeseran yang sangat signifikan di indonesia.

Sekian tulisan singkat ini semoga bermanfaat bagi kita semua, dan tak lupa kami ucapkan terima kasih telah membaca artikel tentang Letak indonesia secara geografis.