Nama provinsi di Indonesia beserta Ibukotanya

Updated at : March 16, 2016
Provinsi di Indonesia - Negara kesatuan republik indonesia merupakan negara yang memiliki luas wilayah yang sangat besar sehingga membutuhkan pmerintahan kedaerahan yang disebut provinsi. Sebuah provinsi dikepalai oleh seorang gubernur dan wakil gubernur.

Indonesia memiliki kekayaan tradisi dan budaya yang beraneka ragam jumlahnya, tiap-tiap provinsi di negara kita mempunyai tradisi dan budaya yang berbeda-beda. Tradisi dan budaya yang beraneka ragam tersebut menjadi salah satu kebanggaan bangsa indonesia di dunia internasional karena tidak semua negara memiliki tradisi dan budaya yang kaya seperti indonesia.

Perlu kamu ketahui dahulu jumlah provinsi di negara indonesia pada saat pemerintahan pada masa orde baru berjumlah 27 provinsi dan pada saat ini jumlah provinsi di negara indonesia sudah bertambah menjadi 34 provinsi, bertambahnya jumlah provinsi di negara indonesia di harapkan mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat sampai wilayah pelosok pedesaan dan semoga cita-cita mulia tersebut dapat terwujud demi kesejahteraan seluruh rakyat indonesia ( mari kita do'akan bersama ).

Nama provinsi di Indonesia beserta Ibukotanya

NONAMA PROVINSI NAMA IBU KOTA
1AcehBanda Aceh
2Sumatera UtaraMedan
3Sumatera BaratPadang
4RiauPekanbaru
5JambiJambi
6Sumatera SelatanPalembang
7BengkuluBengkulu
8LampungBandar Lampung
9Kepulauan Bangka BelitungPangkal Pinang
10Kepulauan RiauTanjung Pinang
11JakartaJakarta
12YogyakartaYogyakarta
13Jawa BaratBandung
14Jawa TengahSemarang
15Jawa TimurSurabaya
16BantenSerang
17BaliDenpasar
18Nusa Tenggara TimurKupang
19Nusa Tenggara BaratMataram
20Kalimantan BaratPontianak
21Kalimantan TengahPalangka Raya
22Kalimantan SelatanBanjarmasin
23Kalimantan TimurSamarinda
24Kalimantan UtaraTanjung Selor
25Sulawesi UtaraManado
26Sulawesi TengahPalu
27Sulawesi SelatanMakassar
28Sulawesi TenggaraKendari
29Sulawesi BaratMamuju
30GorontaloGorontalo
31MalukuAmbon
32Maluku UtaraSofifi
33PapuaJayapura
34Papua BaratManokwari

Nah sekarang kita sudah tahu nama provinsi negara indonesia semoga kita semakin cinta terhadap bangsa kita ini dengan mengetahui keberagaman traidisi dan budayanya.

Mengapa jumlah provinsi di indonesia cukup banyak ? hal ini juga dipengaruhi luas wilayah dan letak geografis indonesia yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Karena luas wilayahnya tentu indonesia memerlukan sebuah sistem pemeritahan daerah agar bisa menjangkau daerah hingga ke pelosok terpencil.

Semoga tulisan singkat di atas dapat bermanfaat bagi kita semua, tak lupa kami ucapkan banyak terima kasih kepada anda yang telah membaca artikel tentang Nama provinsi di Indonesia beserta Ibukotanya.[]