Permainan bola voli sejarah, teknik, pengertian

Updated at : February 17, 2016

Bola voli adalah permainan yang dilakukan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri dari 6 orang pemain.

Pada awal penemuannya, olahraga permainan bola voli ini diberi nama Mintonette. William G. Morgan dilahirkan di Lockport, New York pada tahun 1870, dan meninggal pada tahun 1942. Setelah bertemu dengan James Naismith (seorang pencipta olahraga bola basket yang lahir pada tanggal 6 November 1861, dan meninggal pada tanggal 28 November 1939), Morgan menciptakan sebuah olahraga baru yang bernama Mintonette. Olahraga permainan Mintonette sebenarnya merupakan sebuah permainan yang diciptakan dengan mengkombinasikan beberapa jenis permainan. Pada awalnya, permainan ini diciptakan khusus bagi anggota YMCA yang sudah tidak berusia muda lagi, sehingga permainan ini-pun dibuat tidak seaktif permainan bola basket.

Permaian Bola voli mulai masuk ke Indonesia pada zaman penjajahan belanda atau sekitar tahun 1929.

Permainan ini cepat berkembang karena disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
1. hanya memerlukan lapangan yang tidak begitu luas.
2. sangat mudah dimainkan, sekalipun bagi orang yang baru belajar.
3. alat penunjang permainan ini sangat sederhana antara lain net dan sebuah bola.
4. cocok dimainkan oleh beberapa orang sekaligus.
5. sangat cocok dimainkan di luar atau di dalam ruangan.
6. permainan ini sangat menghibur.

Teknik permainan bola voli

1. servis
Servis terdiri  dari 3 macam yaitu servis tangan bawah, service mengapung  dan servis tangan atas. Servis tangan atas masih dibedakan lagi menjadi 3 macam yaitu tennis servis, floating dan cekis. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh seorang pemain jika akan melakukan servis yaitu ;
  • Sikap badan dan pandangan.
  • Lambung keatas harus sesuai dengan kebutuhan.
  • Saat kapan harus memukul bola.
2. passing
Passing pada permainan ada 2 macam yaitu passing bawah dan passing atas.
3. Smash (spike)
Smash merupakan pukulan keras terhadap bola saat bola berada di atas jaering untuk dimasukkan ke tempat lawan.

4. Blocking
Merupakan usaha untuk membendung smash atau bola dari arah pemain lawan, Blocking ada dua macam yaitu blocking tunggal merupakan tindakan block yang dilakukan hanya oleh satu orang pemain dan blocking ganda yaitu tindakan block yang dilakukan oleh dua atau lebih pemain.

Alat pendukung permainan bola voli 

 1. Lapangan yang memiliki luas ( standard ) 9 meter x 18 meter, dengan dilengkapi dengan Garis pembatas serang untuk wilayah pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah.
2.  sebuah bola yang terbuat dari bahan kulit lentur atau bisa juga kulit buatan yang bagian dalamnya dilapisi karet yang dipompa dengan isi udara agar nantinya bola tersebut mudah digunakan dalam permaianan ini. Bola yang digunakan haruslah mempunyai keliling lingkaran 65 hingga 67 cm, dengan berat 260 hingga 280 gram. Tekanan dalam dari bola tersebut hendaknya sekitar 0.30 hingga 0.325 kg/cm2sesuai dengan standard yang sudah ditetapkan.
3. Jaring pembatas atau biasa juga disebut net. Ukuran tinggi net laki-laki adalah 2,43 m dan untuk net perempuan adalah 2,24 m.