Sifat Benda Gas

Updated at : August 20, 2014
Sifat Benda Gas - Benda gas kebanyakan tidak bisa kita lihat keberadaanya tetapi ada juga sebagian yang bisa kita rasakan keberadaannya. Gas merupakan salah satu faktor penting pendukung kehidupan yang ada di bumi ini.

Pemanfaatan gas oleh manusia sangat beragam mulai dari untuk menyalakan kompor yang berbahan bakar gas elpiji, membuat balon terbang, untuk bahan bakar kendaraan, mengisi ban dalam kendaraan serta yang paling utama adalah untuk bernafas ( gas oksigen ). Sedangkan pada tumbuhan gas karbondioksida membantu mereka dalam proses fotosintesis.


Sifat Benda Gas
balon yang mengembang terisi oleh udara

Berikut ini adalah beberapa sifat benda gas :

1. Mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya.
zat gas memnuhi seluruh ruangan yang ditempatinya contoh saat kita meniup sebuah balon maka udara akan memenuhi seluruh ruangan di dalam ablon tersebut.

2. menekan ke semua arah.
jika kita mengisi balon dengan gas maka balon tersebut akan mengembang ke semua arah karena tertekan oleh gas di dalam balon.

3. jarak antar parikelnya berubah-ubah.
4. bentuknya berubah-ubah.
5. memiliki berat.
6. susunan partikel tidak teratur.
7. hampir tidak ada tarik-menarik antar partikelnya.
8. gerakan partikel sangat bebas.

Demikian sedikit informasi yang bisa kami sampaikan untuk anda semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. terima kasih tlah membaca artikel tentang Sifat Benda Gas.