Sifat Benda Padat

Updated at : August 20, 2014
Sifat benda padat - Benda di dunia ini terbagi menjadi tiga macam yaitu benda padat, benda cair dan benda gas. Masing-masing benda tersebut mempunyai sifat yang berbeda-beda dan dapat kita lihat secara kasat mata ataupun tidak. Contoh dari benda padat antara lain Pensil, meja, penggaris, kursi, batu dan masih banyak lainnya. Sekarang kita akan mencoba menulis tentang sifat benda padat.

Sifat Benda Padat

Sifat benda padat

 

1. Bentuknya tetap
Benda  padat mempunyai bentuk yang tetap, contoh kita memindahkan pensil dari atas meja ke dalam panci maka bentuk pensil tetap dan tidak berubah.

2. Menempati ruang
ruang yang dimiliki meliputi panjang lebar dan tinggi, contoh sebuah batu bata jika dimasukan kedalam air maka batu tersebut akan menempati ruang sesuai dengan ukurannya.

3. Volumenya tetap
Volume benda tidak akan terpengaruh oleh wadah dimana ia diletakkan.

4. Bisa diubah bentuknya dengan perlakuan tertentu
Pada dasarnya beberapa jenis benda padat bisa di ubah bentuknya dengan perlakuan khusus contohnya besi bisa ditempa menjadi berbentuk keris atau cangkul, sebuah balok kayu bisa diubah menjadi berbentuk balok tipis-tipis.


5. Jarak antar partikel penyusun sangat rapat.

6. gaya tarik antar partikel penyusun sangat kuat.

7. Susunan partikel penyusun teratur.

8. Partikel penyusun tidak dapat bergerak bebas.

Demikian sedikit info mengenai sifat benda padat semoga bisa menambah pengetahuan kita semua dan terima kasih sudah berkunjung.