6 Tips Mudah agar terhindar dari Kutu Rambut

Updated at : September 27, 2014
Kutu rambut merupakan salah satu hewan parasit yang sangat merugikan manusia.

Kutu rambut bisa menyerang siapa saja baik itu orang tua ataupun anak-anak.

Darah merupakan makanan kesukaannya, ia menghisap darah manusia melalui kulit kepala, kutu ini bersembunyi di balik lebatnya rambut manusia oleh karena itu ia di namakan kutu rambut.

Proses reproduksi serangga ini sangat cepat, betinanya mempunyai kemampuan menghasilkan telur sebanyak enam butir dalam sehari, telur-telur tersebut akan berubah menjadi kutu dalam waktu yang sangat singkat hanya delapan hari saja waktu yang diperlukan.

6 Tips Mudah agar terhindar dari Kutu Rambut

Linsa orang jawa biasa menyebut telur dari serangga ini, linsa hampir mirip dengan ketombe jika di lihat sekilas tetapi ia lebih lengket di rambut daripada ketombe.

Berikut ini ada sedikit tips agar anda terhindar dari serangga ini :

1. Usahakan anda jangan sampai tidur satu ranjang dengan orang yang sudah terbukti mempunyai kutu ini karena kemungkinan besar serangga ini akan berpindah ke rambut anda.

2. Jangan menggunakan barang yang sudah di gunakan penderita kutu ini semisal topi, handuk, sisir, bantal dan barang apa saja yang penggunaannya berkaitan dengan kepala dan rambut.

3. Perhatikan selalu kebersihan tempat tidur anda beserta segala sesuatu yang ada di atasnya seperti bantal, selimut, dan boneka.

4. Selalu rawat dan jaga kebersihan rambut anda karena rambut yang kotor merupakan tempat tinggal favorit bagi serangga ini.

5. Jika ada teman atau keluarga anda yang positif berkutu di rambutnya segera pastikan ia menggunakan shampo penghilang kutu rambut, atau pastikan ia sudah mengetahui dan melaksanakan cara untuk menghilangkan kutu rambut. karena dengan adanya keluarga atau teman yang memiliki kutu ini potensi anda tertular sangatlah besar.

6. Sebaiknya anda menghindari dan berdekatan atau tidur bersebelahan dengan orang yang memiliki kutu di rambutnya.

Demikian artikel tentang  Tips agar terhindar dari Kutu Rambut semoga memberi manfaat dan selalu jaga kebersihan rambut anda. []