9 Tanaman obat beserta manfaatnya

Updated at : September 07, 2014
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak tanaman obat yang digunakan sebagai salah satu bahan obat herbal.

9 Tanaman obat beserta manfaatnya
Banyak tanaman yang mempunyai khasiat yang baik bagi tubuh manusia, seperti memulihkan daya tahan tubuh, mengobati penyakit dan lain-lain.

Tanaman obat yang dit
anam di sekitar rumah biasa di sebut dengan TOGA atau tanaman obat keluarga.

Obat herbal sangat baik digunakan pada pengobatan manusia karena sangat sedikit dan bahkan tidak ada efek samping yang merugikan tubuh.

1. Kumis kucing

Khasiat kumis kucing yaitu dapat digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit seperti, infeksi ginjal akut dan kronis, rematik, tekanan darah tinggi, kencing manis, kencing batu serta infeksi kandung kencing.

2. Kelapa hijau muda

Kelapa muda tidak cuma hanya memberi kesegaran tetapi juga bisa jadikan sebagai obat alternatif untuk mengobati panas dalam. Serta mempunyai kemampuan sebagai penawar racun bagi tubuh manusia.

3. Kayu manis

Khasiat Kayu manis yaitu dapat digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit seperti asam urat, hipertensi, mag, sakit kepala dan lainnya

4. Temulawak

Temulawak sudah dari dulu di percaya mempunyai sejuta manfaat bagi kesehatan manusia. di antara khasiat temulawak yaitu sebagia obat sakit pinggang, obat maag, obat sembelit, dan obat masuk angin atau sakit kepala.

5. Kecipir

Kecipir banyak di budidayakan untuk diambil buahnya, oleh masyrakat indonesia buah kecipir biasa digunakan sebagai lalapan.

Daunnya berkhasiat obat. Ekstrak daun kecipir pada masa lalu digunakan untuk mengobati mata yang bengkak dan sakit telinga. Daun kecipir yang diremas dan dicampur adas pulasari digunakan sebagai obat bisul. Biji dan daun mengandung flavonoid, saponin, dan tanin.

6. Ciplukan atau ceplukan atau cimplukan

Tanaman ini banyak sekali tumbuh ditepi sungai dengan subur.

Mempunyai manfaat sebagai tanaman obat yang berkhasiat untuk mengobati kencing manis, sariawan, darah tinggi, dan bisulan.

7. Buah merah papua

Buah Merah dari zaman dahulu secara turun temurun sudah dikonsumsi karena berkhasiat banyak dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti mencegah penyakit mata, cacingan, kulit, dan meningkatkan stamina.

Dengan meneliti kandungan komposisi gizinya, ternyata dalam ujud sari Buah Merah itu banyak mengandung antioksidan (kandungan rata-rata):
  • Karoten (12.000 ppm)
  • Betakaroten (700 ppm)
  • Tokoferol (11.000 ppm)
8. Sambiloto

Tanaman sambiloto digunakan untuk mencegah pembentukan radang, memperlancar air seni (diuretika), menurunkan panas badan (antipiretika), obat sakit perut, kencing manis, dan terkena racun. kandungan senyawa kalium memberikan khasiat menurunkan tekanan darah.

9. Mengkudu atau pace

Buah ini memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan di antaranya mengatasi hipertensi, sebagai obat batuk, obat sakit perut, obat sakit kuning, obat kulit bersisik, serta mampu mengobati demam dan influensa,

Demikian sedikit informasi mengenai tanaman obat dan khasiatnya semoga bermanfaat bagi semuanya.[]