Cara lengkap merawat burung Beo

Updated at : September 25, 2014
Cara lengkap merawat burung Beo - Burung beo merupakan satwa yang memiliki tingkat kecerdasan cukup tinggi karena mampu meniru kata yang diucapkan manusia secara jelas. Burung ini memiliki usia hidup kurang lebih sampai 75 tahun, umur yang sangat panjang bukan.

Cara lengkap merawat burung Beo

Jika anda berniat memlihara burung ini ada baiknya anda pilih dahulu jenis burung beo apa yang akan anda pelihara, serta pelajari secara mendalam cara merawat burung beo agar anda tidak mengalami kesulitan nantinya.

Baca juga artikel lain tentang burung ini :
 Jenis dan macam Burung Beo berdasarkan sub spesiesnya
Cara jitu melatih burung beo berbicara
Makanan Burung beo 
 
Berikut ini ada beberapa tips yang layak anda ketahui untuk mempermudah anda dalam perawatan burung beo kesayangan anda, silahkan disimak selengkapnya:

Tips Merawat Burung Beo

1. Bersihkanlah kandang si beo anda secara teratur, akan lebih baik jika setiap hari dilakukan.

2. Beri beo anda air minum yang cukup, jangan sampai ia kehabisan air minum.

3. Pastikan beo anda mendapatkan makanan yang cukup. pemberian pakan burung beo paling minim yaitu dua kali sehari. perlu anda tahu setia burung biasanya mempunyai pakan yang berbeda jadi perhatikan secara seksama apa pakan yang paling disukai si beo anda.

4. Ajaklah sesekali burung peliharaan anda bermain agar ia tak merasa bosan, karena beo merupakan tipe burung yang gampang stress.

5. Perhatikan variasi pemeberian pakan, antara pakan segar seperti buah-buahan dengan pakan buatan seperti pelet.

Tips Membersihkan sangkar Beo

1. Seperti burung lainnya beo juga menghasilkan kotoran yang berupa zat tepung yang bisa membuat kandang cepat kotor, usahakan proses pembersihan dilakukan dengan kain berpori yang dibasahi air seperti handuk.

2. Lakukan pembersihan secara menyeluruh pada sangkar beo setidaknya seminggu satu kali, pindahkan terlebih dahulu si beo anda dari sangkarnya sebelum melakukan proses pembersihan. untuk membersihkan sangkarnya anda bisa menggunakan campuran air dan sabu cuci piring dengan perbandingan satu banding satu.

3. Bilas sangkar burung beo anda dengan air hingga bersih kemudian jemur sampai kering. baru pindahkan kembali beo anda ke kandangnya.

3. Tempat pakan dan minum burung beo juga harus diperhatikan kebersihannya karena berpotensi menjadi sumber penyakit, bersihkan paling tidak satu minggu satu kali.

Tips pemberian makanan Burung Beo

1. Beri pakan burung beo anda makanan yang bervariasi. jangan terlalu sering memberi pakan kacang-kacangan karena akan membuat burung beo bertambah gemuk.

2. Beri pakan burung beo anda buah-buahan dan sayuran segar. Tetapi sebaiknya potonglah terlebih dahulu buah dan sayur yang akan diberikan kepada burung beo anda, agar lebih mudah dalam proese konsumsinya.

3. Cobalah melakukan variasi dalam cara memberi pakan agar si beo tidak bosan. salah satunya cobalah dengan mengantung pakan segar beo seperti sayuran agar menjadi mainan baru bagi beo anda.

Tips Bermain dengan Beo

1. Burung beo merupakan burung yang cerdas dan bersifat sosial, oleh karena itu sempatkan waktu untuk bermain dengannya.

2. sediakan mainan di dalam sangkar beo anda, hal ini sangat penting jika anda tidak ada waktu untuk bermain dengan beo anda.

3. Jika beo anda sering berisik cobalah meletakkan beragam mainan di kandangnya, hal ini akan membantu mengurangi suara berisik beo anda.

Peringatan dan pertimbangan

Ajaklah sesekali burung peliharaan anda bermain agar ia tak merasa bosan, karena beo merupakan tipe burung yang gampang stress.

Pastikan Seluruh anggota keluarga harus setuju saat Anda akan memelihara beo. karena memelihara beo memerlukan waktu untuk jangka yang panjang dikarenakan usia beo bisa mencapai 75 tahun, tetapi jika anda sudah bosan saya sarankan anda menjualnya saja.

Jika dirumah anda ada kucing atau anjing sebaiknya pertimbangkan lagi jika akan memelihara beo.

Jika ada anak kecil dirumah anda berilah pengertian kepadanya agar jangan berteriak di dekat sangkar beo karena bisa membuat beo merasa takut.

Walaupun beo bisa dikatakan burung jinak tetapi hewan tetaplah hewan, ia bisa menggigit siapa saja jadi lebih berhati-hatilah.

Demikian sekilas info tentang cara merawat burung beo semoga bermanfaat. []