Contoh Sumber Energi Alternatif

Updated at : February 20, 2016
Contoh Sumber Energi Alternatif - Apa itu energi alternatif ? Pengertian energi alternatif  adalah sumber energi yang di gunakan untuk menggantikan sumber energi utama tanpa akibat yang tidak diharapkan dari hal tersebut.

Sumber Energi Alternatif

Mungkin akan timbul suatu pertanyaan, Mengapa manusia membutuhkan sumber energi alternatif ?

Penggunaan energi alternatif bertujuan untuk mengurangi ketergantungan suatu negara kepada negara yang menjadi pemasok sumber energi utama seperti minyak bumi. selain itu juga bertujuan untuk mengantikan penggunaan sumber energi utama seperti bahan bakar minyak yang tidak terbarukan dan mengurangi efek pencemaran lingkungan yang semakin parah saat ini.

Jenis Sumber Energi Alternatif

Berikut ini merupakan contoh mengenai macam-macam sumber energi alternatif.

1. Energi Tenaga Nuklir
tenaga nuklir digadang-gadang merupakan energi alternatif yang mempunyai potensi hasil yang paling besar bagi kebutuhan energi manusia. Tetapi selain memiliki segudang kelebihan, tenaga nuklir juga mempunyai bahaya yang menakutkan bagi lingkungan dan makhluk hidup.

2. Energi Biomassa
Biomassa terdiri dari Tanaman hidup, pohon mati, dan serpihan kayu.

3. Energi Gas Alam
Merupakan energi yang terbarukan dan harganya lebih terjangkau daripada bahan bakar minyak.

4. Energi Panas Bumi
Panas bumi  merupakan energi yang melimpah dan terbarukan sehingga tidak perlu khawatir akan kehabisan energi panas bumi.

Selain jumlahnya yang melimpah energi ini memiliki harga yang lebih ekonomis dan ramah terhadap lingkungan. Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang kaya akan energi panas bumi, hal ini di karenakan indonesia mempunyai banyak gunung berapi aktif  yang menjadi keuntungan tersendiri bagi negara kita. Contoh pemanfaatan panas bumi adalah dengan mengubahnya menjadi pembangkit listrik.

5. Pembangkit Listrik Tenaga Air
Energi yang bersumber dari tenaga air sudah lama di manfaatkan oleh manusia karena ramah lingkungan dan juga berlimpah. Pembangkit listrik tenaga air atau PLTA merupakan salah satu contoh pemanfaatab tenaga air untuk kehidupan yang lebih baik.

6. Tenaga Angin
Pemanfaatan tenaga angin saat ini sedang gencar-gencarnya di lakukan di banyak negara di dunia. Karena jumlahnya yang tidak terbatas. Kebanyakan negara mengubah energi angin menjadi energi untuk memutar turbin pembangkit listrik.

7. Tenaga Matahari
Tenaga surya banyak digunakan untuk pembangkit listrik, baik itu untuk perseorangan atau untuk perusahaan. Perkembangan energi ini cukup pesat karena teknologi sel surya yang semakin canggih.

8. Energi Pasang Surut
Pasang surut air laut dianggap lebih menjanjikan hasil yang maksimal bila di bandingkan dengan tenaga surya dan tenaga angin. tetapi pemanfaatan energi pasang surut masih sedikit hal ini di karenakan biayanya yang mahal.

Demikian sekilas informasi tentang contoh sumber energi alternatif bagi kehidupan manusia semoga bermanfaat.[]