Pengertian dan Manfaat Energi Listrik Bagi Kehidupan Manusia

Updated at : February 20, 2016
Pengertian dan Manfaat Energi Listrik Bagi Kehidupan Manusia - Banyak sekali macam dan jenis energi yang berhubungan dengan kehidupan manusia di alam ini, tetapi secara garis besar di bedakan menjadi dua macam jenis sumber energi yaitu sumber energi utama dan sumber energi alternatif. Salah satu jenis energi yang banyak di manfaatkan untuk kehidupan manusia adalah energi listrik.

Pengertian dan Manfaat Energi Listrik Bagi Kehidupan Manusia

Energi listrik merupakan salah satu faktor pendukung penting bagi kehidupan manusia karena banyak sekali peralatan yang biasa kita gunakan menggunakan listrik sebagai sumber energinya. seperti televisi, setrika, mesin cuci, handphone dan masih banyak lagi lainnya.

Pengertian energi Listrik

Energi listrik adalah energi yang berasal dari muatan listrik yang menyebabkan medan listrik statis atau gerakan elektron dalam konduktor (pengantar listrik) atau ion (positif atau negatif) dalam zat cair atau gas. Energi listrik dinamis dapat diubah menjadi energi lain dengan tiga komponen dasar, sesuai dengan sifat arus listriknya. Sedanghkan menurut wikipedia energi listrik adalah energi utama yang dibutuhkan oleh peralatan listrik.

Ada dua jenis arus listrik yaitu arus listrik searah atau biasa di sebut arus DC dan arus listrik bolak balik atau yang biasa di sebut arus AC.

Satuan arus listrik adalah ampere ( A ), tegangan listrik mempunyai satuan volt ( V ) dan daya listrik memiliki satuan watt ( W ).

Sumber energi ini bermacam-macam contohnya air, pembangkit listrik tenaga air merupakan salah satu contoh sumber energi ini yang berasal dari kekuatan air. Contoh lain sumber energi ini adalah nuklir, panas bumi, batubara, matahari, minyak.

Kebanyakan dari pembangkit listrik memiliki bagian utama sebuah generator.

Generator pada pembangkit adalah suatu mesin yang berfungsi mengubah energi mekanis menjadi energi listrik dengan prinsip kerja medan magnet.

Mesin generator ini dapat diaktifkan dengan menggunakan berbagai jenis sumber energi yang tersedia.

Manfaat energi listrik

Manfaat energi listrik abgi kehidupan manusia sehari-hari sangatlah banyak seperti belajar, memasak, bekerja. Jika anda lihat secara lebih jelas kehidupan manusia sudah sangat bergantung pada listrik.

Bisa anda bayangkan repotnya kita jika ada pemadaman listrik barang sehari saja, banyak sekali pengusaha yang mengeluh rugi akibat adanya pemadaman ini dan masyarakat juga banyak mengalami kendala karena pemadaman tersebut.

Berikut ini ada beberapa manfaat atau kegunaan listrik dalam kehidupan manusia sehari hari :
  1. Untuk penerangan saat malam menjelang, malam hari kita menjadi lebih terang dengan sinar lampu yang menggunakan listrik dari PLN.
  2. Untuk sumber energi, listrik berguna untuk menghidupkan berbagai alat rumah tangga dan kantor serta peralatan elektronik lainnya.
 Baca juga : sumber energi alternatif

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu disini.

Terima kasih saya ucapkan untuk anda karena telah membaca artikel Pengertian dan Manfaat Energi Listrik Bagi Kehidupan Manusia.[]