Ikan Hias Air Tawar Asli dari Indonesia

Updated at : September 22, 2014
Ikan hias air tawar asli dari indonesia ada banyak macamnya, berikut ini ada lima macam ikan hias asli dari negara indonesia.

Ikan Cupang
Ikan hias air tawar asli dari Indonesia


Cupang atau Betta ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Di kalangan penggemar, ikan cupang atau betta umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias(betta show), cupang aduan(betta fighter), dan cupang liar(wild betta).

Cupang alam atau wild betta merupakan spesies asli cupang yang dapat ditemukan diperairan alam bebas, umumnya cupang alam ditemukan diperairan pedalaman hutan.

Kini cupang alam merupakan cupang yang sangat diburu oleh peternak dan kolektor cupang. Dengan pH cukup rendah dan substrat untuk habitat ikan cupang alam terdiri dari daun-daun yang mati dan jatuh, cabang dan akar pohon yang terendam.



Ikan arwana


Ikan hias air tawar asli dari Indonesia

Ikan Arwana Jardini dari Papua

Karakteristik Arwana Papua sedikit berbeda dengan Arwana Asia. Ukuran sisik juga lebih kecil dari Arwana Asia. Corak warna Arwana Papua lebih kusam, dengan pola cincin melingkar seperti bulan sabit di tepi sisik berwarna hijau atau merah. Ikan Arwana Super Red dari Kalimantan Barat

Warna merah penuh terlihat pada sirip ikan muda, pada bibir dan tentakel. Merah arwana dikelompokkan dalam empat varietas, yaitu Merah Darah (Blood Red), Merah Cabai (Chili Red), Merah Oranye (Orange Red), dan Gold Merah (Golden Red). Perkembangan warna antara Merah Cabai dan Merah Darah diketahui juga berbeda. Menduga potensi arwana merah memerlukan kesabaran dan usaha yang diperoleh dari pengalaman dan kesabaran.

Varietas Merah Orange (Orange Red) merupakan salah satu varietas yang umum dijumpai. Dibandingkan dengan Chilli Red dan Blood Red, sirip dan ekor varietas ini tidak semerah keduanya.

Merah Emas (Golden red) merupakan varietas warna lain yang umum dijumpai disamping merah orange (Orange Red). Warna bibir dan sirip tidak semerah Super Red, tetapi berwarna merah muda atau merah jambu.

Ikan Arwana Golden Red dari Sumatera

Merupakan verietas dari arwana golden dan sering disebut sebagai Arwana Golden Indonesia (Indonesian Golden Arwana).

Ikan Botia
Ikan hias air tawar asli dari Indonesia


Sampai saat ini, botia termasuk ikan favorit dan memiliki banyak penggemar di luar negeri. Di habitat aslinya, botia hidup pada air mengalir di sungai-sungai. Botia termasuk ikan yang berumur panjang, ikan ini diduga bisa hidup puluhan tahun. Ikan botia bisa hidup dalam aquarium selama 20 tahun. Ikan botia yang berasal dari beberapa DAS di Sumatera dan Kalimantan. Ikan botia hidup di dasar perairan (termasuk ikan dasar), yang aktif mencari makan pada malam hari (nocturnal). 


Ikan Pelangi (Rainbow Fish) dari Papua

Ikan hias air tawar asli dari Indonesia

Ikan hias Rainbow adalah ikan hias yang sangat potensial dikembangkan di indonesia. Ada dua jenis ikan rainbow yang terkenal, yaitu ikan Rainbow Papua ( Irian ) dan ikan Raiboe Sulawesi.

Ikan rainbow irian ciri khasnya adalah warna dasarnya keperak-perakan dengan warna metalik gelap. 


Ikan Tiger Barb dari Sumatera

Ikan hias air tawar asli dari Indonesia
Jenis yang diperdagangkan, selain yang berwarna kekuningan, ada pula individu yang kemerahan, kehijauan dan albino. Jenis yang berwarna kehijauan, yang sebetulnya adalah gejala melanisme pada ikan sumatra, dan yang berwarna albino merupakan hasil dari pembiakan selektif dalam penangkaran untuk meningkatkan nilai jual ikan ini. []