Pengertian Bahan Makanan dan Jenisnya

Updated at : September 23, 2014
Menurut kamus besar bahasa indonesia Pengertian Bahan makanan adalah bahan yg dapat dijadikan makanan, seperti beras, terigu, jagung, dan ubi, daging dan lain-lain.

Secara garis besar bahan pangan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan dari asalnya yaitu Bahan makanan Hewani dan Bahan makanan Nabati.

Bahan makanan hewani adalah bahan makanan yang merupakan produk dari hewan atau bahan makanan olahan yang berasal dari hewan. kebanyakan merupakan sumber protein dan lemak bagi tubuh.
contohnya : susu, telur ayam, daging hewan, ikan, cumi, udang dan lain-lain.

Bahan makanan nabati adalah bahan makanan yang berasal dari tumbuhan atau bahan makanan yang berbahan dasar dari tumbuhan. kebanyakan merupakan sumber karbohidrat,vitamin, lemak dan protein.
contohnya : ubi, jagung, beras, buah-buahan dan lain-lain.

Secara karakteristik bahan makanan hewani mempunyai ketahanan atau waktu simpan yang jauh lebih pendek jika dibandingkan bahan makanan nabati.

Makanan yang dikonsumsi oleh makhluk hidup mempunyai fungsi untuk :
  • menghasilkan energi untuk kelangsungan aktivitas
  • mengganti sel-sel tubuh yang telah usang atau rusak
  • pertumbuhan tubuh
  • sebagai zat pelindung dalam tubuh
Setiap makanan yang kita konsumsi tentu ada yang mempunyai efek yang kurang baik untuk kesehatan tubuh kita oleh karena itu sebaiknya kita lebih berhati-hati dalam memilih konsumsi makanan.

Demikian sedikit informasi tentang pengertian bahan makanan semoga bermanfaat bila ada kesalahan mohon koreksinnya.[]