Pengertian sejarah dan Manfaat sejarah

Updated at : September 14, 2014
Pengertian sejarah dan Manfaat sejarah - Sejarah merupakan kejadian masa lalu yang sepatutnya kita hormati dan kita pelajari karena kita ada juga karena sejarah, dengan sejarah kita juga bisa mengetahui perkembangan hidup manusia serta lingkungan dari masa ke masa.

Pengertian sejarah

 

Sejarah adalah kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lalu ( menurut kamus besar bahasa indonesia ). Kata Sejarah berasal dari bahasa arab yakni asyajaratun yang berarti pohon silsilah.

Banyak sekali benda-benda peninggalan sejarah yang masih misterius hingga saat ini karena belum diketahui untuk apa dan bagaimana dibuatnya? peninggalan bersejarah biasa di sebut dengan sumber sejarah.

Manfaat sejarah

 

Dengan mempelajari sejarah manusia akan mengetahui peristiwa di masa lalu yang berguna untuk pembelajaran pada masa yang akan datang. "Pengalaman adalah guru yang terbaik" demikian kata pepatah, pengalamnan  bukan saja tentang diri sendiri tetapi pengalaman bisa mncakup aspek yang lebih luas seperti pengalaman sebuah generasi yang bisa kita contoh positifnya dan bisa kita hindari hal-hal yang negatifnya.

Sejarah juga bisa memberi seseorang atau suatu bangsa inspirasi untuk menjadi lebih baik lagi dalam berbagai aspek.

Lewat membaca sebuah buku sejarah atau riwayat seseorang juga bisa memperoleh sebuah hiburan yang menarik tentang cerita di masa lalu.

Sejarah juga bisa menjadi sebuah peringatan, sebagai contoh tuhan memberikan contoh-contoh bangsa yang terdahulu yang diazhab dengan pedih karena melanggar perintahnya. Hal ini bisa menjadi peringatan bagi kaum atau bangsa sesudah mereka.

Demikian sekilas tulisan singkat tentang  Pengertian sejarah dan Manfaat sejarah semoga bermanfaat bagi kita semua.[]