Efek samping mengkonsumsi kunyit yang perlu anda tahu

Updated at : October 27, 2014
Efek samping kunyit - Kunyit sudah dikenal sejak dahulu mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, selain mempunyai khasiat sebagai obat kunyit juga bisa digunakan sebagai bumbu untuk menambah kelezatan masakan.

Manfaat kunyit bagi kesehatan antara lain membantu memperkuat jantung, mempunyai kemampuan meremajakan sel, melembabkan kunyit, tetapi tahukah anda selain memiliki banyak khasiat kunyit juga mempunyai efek samping yang kurang baik bagi tubuh manusia jika salah dalam proses penggunaannya.
efek samping kunyit, bagi rahim, efek samping mengkonsumsi kunyit

Berikut beberapa efek samping negatif dari kunyit :
1. Menyebabkan gangguan sistem pencernaan, efek ini akan muncul jika mengkonsumsi kunyit dalam waktu yang lama serta dengan dosis yang berlebihan, jadi untuk menghindari terjadinya gangguan pencernaan sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya.

2. Alergi, Bagi yang mempunyai alergi mengkonsumsi kunyit bisa membuat kulit anda gatal-gatal yang mula-mula ditandai dengan munculnya bercak merah. nah jika timbul masalah semacam ini sebaiknya segera hentikan berhenti mengkonsumsinya dan segera periksa ke dokter.

3. Efek yang kurang baik bagi wanita hamil, bagi anda calon ibu yang sedang mengandung dan ibu menyusui sebaiknya hindari penggunaan kunyit secara berlebihan dan terlalu banyak, untuk baiknya sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk cara penggunaan yang tepat.

4. Hindari kunyit saat kemoterapi, sebuah studi menunjukan kunyit memiliki kemampuan menurunkan efek dari kemoterapi, jadi bagi anda yang sedang melakukan kemoterapi sebaiknya hindari makanan dan minuman yang mengandung kunyit, agar efek dari kemoterapi anda tidak berkurang.

5. Meningkatkan jumlah produksi asam lambung, sangat tidak dianjurkan bagi penderita maag dan gangguan lambung mengkonsumsi kunyit secara berlebihan karena kunyit mampu meningkatkan jumlah produksi asam lambung, sebaiknya tanyakan ke dokter bagaimana cara yang baik dalam pengkonsumsiannya.

Salah satu cara terbaik untuk menghindari efek samping dan untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari kunyit adalah mengetahui efek samping kunyit sehingga kita bisa meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.