Aneka Tanaman pengusir nyamuk alami

Updated at : January 19, 2015
Tanaman pengusir nyamuk alami - Nyamuk merupakan serangga penghisap darah yang sangat menganggu kehidupan manusia. Baik dewasa ataupun anak-anak bisa menjadi sasaran nyamuk dalam mencari makanan. Selain menghisap darah manusia ada beberapa nyamuk yang bisa menyebarkan bibit penyakit berbahaya seperti demam berdarah dan malaria.

Mungkin untuk saat ini anda tidak begitu khawatir terkena penyakit berbahaya yang di bawa nyamuk karena Saat ini sudah banyak beredar berbagai macam merek obat nyamuk mulai dari obat nyamuk bakar, semprot atau obat nyamuk oles. Tetapi kebanyakan obat nyamuk tersebut di buat menggunakan campuran bahan kimia yang tentu sedikit banyak memiliki efek samping.

Nah jika anda tertarik untuk mencoba mengusir nyamuk dari rumah anda tercinta dengan cara yang alami, anda bisa menggunakan tanaman pengusir nyamuk alami yang sudah disediakan oleh alam.

Selain bisa mengusir nyamuk tanaman tersebut juga bisa berguna sebagai tanaman hias untuk mempercantik rumah anda. Silahkan baca selengkapnya uraian di bawah ini semoga bermanfaat.

Tanaman pengusir nyamuk alami

Tanaman pengusir nyamuk alami
 1. Geranium

Mempunyai nama lain Tapak dara, Tanaman ini memiliki kandungan geraniol dan sitronelol yang mampu untuk mengusir nyamuk. Kedua zat tersebut akan terbang terbawa oleh angin yang berhembus dan dengan mudahnya akan menyebar ke udara. Tanaman ini termasuk tumbuhan yang mudah ditanam dan tidak memerlukan perawatan khusus tinggal anda Tanam saja tapak dara ini di pot dan letakan di pojok rumah yang terkena tiupan angin atau juga di halaman rumah langsung tanam di dalam tanah.  Yang perlu anda perhatikan adalah penempatan tanaman ini, usahakan di tempatkan di tempat yang terkena tiupan angin secara langsung. 

Tanaman pengusir nyamuk alami

2. Zodia

Tumbuhan ini merupakan asli tumbuhan dari indonesia tepatnya dari wilayah paling timur negri kita yaitu papua, orang papua biasa menggosok-gosok daun tanaman ini ke tubuh mereka saat akan pergi ke dalam hutan agar terhindar dari gigitan nyamuk. Evodiamine dan Rutaecarpine merupakan zat yang terkandung dalam tanaman zodia. Zodia bisa ditanam di ruang sebagai tanaman hias serta sebagai pengusir nyamuk alami.Cukup tanam tumbuhan ini di tempat yang terkena hembusan angin.

Tanaman pengusir nyamuk alami

3. Serai wangi

Serai sudah dikenal luas di indonesia sebagai bumbu untuk menambah cita rasa pada makanan, Tahukah kamu jika serai juga mempunyai kemampuan mengusir nyamuk ? Kemampuan tersebut dimiliki serai karena serai mempunyai kandungan zat geraniol dan sitronelal yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. 

Tanaman pengusir nyamuk alami
4. Akar Wangi

Tanaman ini berasal dari negara syahrukh khan berasal yakni india. Konon tanaman ini mampu mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh nyamuk pembawa penyakit demam berdarah yaitu nyamuk aedes aegypti. cukup tanam akar wangi ini di dalam pot berukuran besar atau di pekarangan rumah agar anda bisa merasakan khasiatnya.

Tanaman pengusir nyamuk alami

5. Lavender

Tanaman ini berasal dari Swiss dan sudah banyak diketahui manfaatnya untuk mengusir nyamuk karena memiliki zat linalool dan zat lynalyl acetate di dalam bunganya yang berwarna ungu. Sudah banyak pabrik yang mengolah tanaman ini untuk dibuat menjadi obat pengusir nyamuk.

Tanaman pengusir nyamuk alami

6. Rosemary

Bunga Rosemary menghasilkan bau seperti aroma minyak kayu putih atau minyak telon. Tanaman ini mempunyai bentuk daun yang runcing dan bunga yang indah sehingga bisa juga digunakan sebagai tanaman hias. cukup tanam di dekat jendela atau pintu. Bila menginginkan manfaat yang lebih baik anda bisa menggosok-gosokan daunnya.

Tanaman pengusir nyamuk alami
7. Citrosa Mosquito

Tanaman ini berasal dari negara belanda, mempunyai aroma seperti buah lemon yang tidak di sukai oleh nyamuk dan juga serangga. Tanaman ini mudah tumbuh di tempat dengan sinar matahari yng melimpah.

Tanaman pengusir nyamuk alami
 8. Marygold (Bunga Tai Kotok)

Mempunyai bunga berwarna kuning yang indah serta merah dan jingga oleh karena itu bisa juga di gunakan sebagai tanaman hias selain sebagai tanaman pengusir nyamuk.

Baca juga info menarik tentang :
Jenis Tanaman Hias Indoor Yang cantik 
9 Tanaman obat beserta manfaatnya 
Lidah Mertua Tanaman Hias Penangkal Polusi 
Tanaman Penyerap Dan Penangkal Polusi


Demikian informasi tentang Tanaman pengusir nyamuk alami yang bisa juga di manfaatkan sebagai tanaman hias yang saya rangkum dari berbagai sumber semoga bisa bermanfaat bagi pembaca semua.[]