Contoh Sumber Energi Listrik

Updated at : January 09, 2015
Sumber Energi Listrik - Listrik merupakan salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari manusia zaman sekarang karena hampir semua peralatan yang menunjang aktivitas manusia menggunakan listrik sebagai dayanya. contohnya kipas angin, televisi, cas handphone, mesin cuci, komputer dan masih banyak lainnya yang tidak bisa disebutkan semuanya disini.

Energi listrik adalah energi yang berasal dari muatan listrik yang menyebabkan medan listrik statis atau gerakan elektron dalam konduktor (pengantar listrik) atau ion (positif atau negatif) dalam zat cair atau gas. Energi listrik dinamis dapat diubah menjadi energi lain dengan tiga komponen dasar, sesuai dengan sifat arus listriknya.

Contoh Sumber Energi Listrik

Baca juga Artikel : Pengertian dan manfaat energi listrik bagi kehidupan manusia.

Energi ini bisa dihasilkan oleh sumber energi yang menghasilkan listrik, Berikut ini adalah contoh sumber energi listrik.
  1. Nuklir. Merupakan Sumber energi listrik yang paling efisien karena dengan sedikit bahan mampu menghasilkan energi listrik yang sangat besar, tetapi nuklir mempunyai efek yang sangat berbahaya bagi kehidupan di bumi karena jika terjadi kebocoran pada area reaktornya akan menimbulkan bencana yang menakutkan.
  2. Minyak. Merupakan Sumber energi yang banyak digunakan tetapi sumber ini memiliki kekurangan yaitu tidak bisa di perbaharui.
  3. Angin. Merupakan salah satu sumber energi alternatif karena jumlahnya yang tidak terbatas, mungkin di masa depan angin akan menjadi salah satu sumber energi primadona.
  4. Tenaga Gelombang, Gelombang ada dua jenis yaitu kekuatan ombak dan pasang surut air laut.
  5. Batu bara. sama seperti minyak bumi batu bara juga tidak bisa diperbaharui.
  6. Matahari. Surya atau matahari merupakan sumber energi yang tidak terbatas jumlahnya.
  7. Air.
Demikian sekilas informasi tentang sumber energi listrik semoga bermanfaat bagi pembaca semua.[]