Pengertian Energi Ionisasi

Updated at : January 15, 2015
Pengertian Energi Ionisasi - Energi Ionisasi mempunyai pengertian energi yang dibutuhkan untuk melepaskan elektron dari suatu atom netral dalam keadaan gas.

Jarak dari inti ke elektron di kulit luar (jari-jari atom) dan muatan intinya sangat mempengaruhi besar kecilnya suatu energi ionisasi.

Semakin jauh jarak dari elektron terluar ke intinya, maka gaya tarik inti semakin lemah. Gaya tarik inti yang semakin lemah ini menyebabkan elektron semakin mudah untuk dilepaskan dan energi yang diperlukan untuk melepask
Pengertian Energi Ionisasi
an elektron tersebut menjadi semakin kecil juga. Serta energi ionisasinya akan menjadi semakin kecil. Hal ini bisa terjadi dikarenakan pada unsur-unsur yang berada dalam satu golongan.

Namun hal tersebut  tidak berlaku pada unsur-unsur seperiode, tetapi malah berlaku hal yang sebaliknya, yakni semakin ke kanan, maka energi ionisasinya menjadi semakin besar. Hal ini dapat terjadi karena semakin menuju ke kanan, jarak antara inti dan elektron terluarnya menjadi semakin dekat (jari-jari atom semakin kecil). Menjadikan gaya tarik inti pun akan semakin kuat, karena elektron akan semakin sulit untuk dilepaskan.

Untuk melepaskan elektron tersebut diperlukan energi lebih besar. Hal ini berarti energi ionisasi menjadi semakin besar.

Demikian sedikit penjelasan tentang Pengertian Energi Ionisasi semoga dapat bermanfaat untuk pengunjung semua.[]