Pengertian Hewan Invertebrata dan Contohnya

Updated at : January 15, 2015
Pengertian Hewan Invertebrata atau Avertebrata adalah hewan yang tidak mempunyai tulang belakang atau tulang punggung. Dan memiliki Struktur morfologi, sistem pernafasan, sistem pencernaan dan sistem peredaraan  darah yang lebih sederhana dibandingkan dengan hewan Vertebrata.
Pengertian Hewan Invertebrata dan Contohnya

Kamu tentu tahu hewan cumi-cumi dan cacing, cumi-cumi mempunyai habitat hidup di lautan sedangkan cacing memiliki habitat hidup di dalam tanah sangat jauh berbeda bukan kedua hewan tersebut jika dilihat dari habitat hidupnya. Tetapi tahukah kamu jika kedua hewan tersebut ternyata di klasifikasikan ke dalam satu jenis klasifikasi hewan yakni invertebrata atau avertebrata karena sama-sama tidak mempunyai tulang belakang.

Tahukah kamu jika Invertebrata mencakup sekitar 97 persen dari seluruh anggota kerajaan hewan.

Pada awalnya invertebrata terbagi ke dalam dua kelompok yaitu Insecta (serangga) dan Vermes (cacing). Tetapi sekarang, invertebrata diklasifikasikan ke dalam lebih dari 30 sub-fila.

Menurut wikipedia ada 9 filum dalam klafisikasi avertebrata yaitu:

    Annelida
    Arthropoda
    Coelenterata
    Echinodermata
    Mollusca
    Nemathelminthes
    Platyhelminthes
    Porifera
    Protozoa

Contoh Hewan invertebrata 

  1. Serangga
  2. semut
  3. Cacing tanah
  4. Lintah
  5. ubur-ubur
  6. cumi-cumi
  7. siput
  8. teripang
  9. Bintang laut
  10. Dan masih banyak lainnya.
Demikian sekilas artikel tentang  Pengertian Hewan Invertebrata dan Contohnya semoga bermanfaat bagi kamu semua bila ada kesalahan mohon koreksinya.[]