Ketahui Tanda Tanda Awal Kehamilan

Updated at : January 27, 2015
Tanda Tanda Kehamilan - Kehamilan seorang wanita merupakan sesuatu yang di nanti-nanti oleh banyak pasangan suami istri. Itu di karenakan calon buah cinta pasangan tersebut akan segera lahir ke dunia, Dengan lahirnya sang buah hati tercinta semakin lengkap dan ramai terasa kehidupan rumah tangga mereka.

Tetapi masih banyak pasangan muda yang belum mengetahui tanda tanda awal kehamilan. Sangatlah penting bagi pasangan suami istri untuk mengetahui apa saja tanda dari kehamilan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti keguguran yang terjadi akibat ativitas yang semestinya tidak boleh di lakukan di masa hamil, atau juga akibat dari mengonsumsi makanan yang sebenarnya tidak boleh dimakan pada saat ibu sedang hamil.

Dengan mengetahui ciri-ciri hamil pasangan suami istri bisa mempersiapkan yang terbaik untuk calon buah hati tercinta. Serta bisa meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan.

Ketahui Tanda Tanda Awal Kehamilan

Tanda Tanda Awal Kehamilan

Timbulnya bercak darah /flek yang biasanya diikuti oleh kram perut

Biasa terjadi saat sebelum menstruasi yang akan datang, hal ini di sebabkan oleh proses embrio menempel di dinding rahim sang ibu. Flek yang  keluar biasa di salah artikan sebagai mentruasi. Sedangkan kram perut pada ibu hamil akan terus terjadi secara teratur hingga kehamilan trimester kedua.

Munculnya Rasa Mual dan muntah

Rasa mual dan muntah-muntah di picu oleh meningkatnya hormon dengan tiba-tiba dalam aliran darah calon ibu. Hormon tersebut mempunyai nama Human chorionic Gonadotrophin. Hormon ini juga mengalami peningkatan di saluran kencing.
Mual dan muntah pada ibu hamil biasa di sebut dengan istilah keren morning sickness karena biasa terjadi di pagi hari.

Meningkatnya kemampuan indra penciuman

Indra penciuman yang lebih sensitif pada ibu hamil juga memicu munculnya rasa mual yang diikuti dengan muntah.
 
Freuensi kencing lebih sering/sering kencing

Setelah haid terlambat 1 sampai 2 minggu, frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering dari biasanya. Hal ini muncul dikarenakan pertumbuhan janin dalam rahim ibu yang semakin menekan posisi kandung kemih ibu tersebut. Peningkatan freuensi buang air kecil juga disebabkan oleh adanya peningkatan hormon kehamilan.

Timbul Pusing dan sakit kepala

Timbulnya rasa pusing serta sakit kepala dikarenaka faktor fisik sepera rasa lelah mual lapar dan tekanan darah rendah. Dan juga bisa di sebabkan oleh perasaan tegang serta perasaan depresi. Meningkatnya jumlah pasokan darah ke seluruh tubuh oleh jantung juga bisa menyebabkan pusing saat sang ibu berubah posisi.

Mudah merasa lelah dan mengantuk yang berlebih (Fatigue)

Rasa lelah dan mengantuk yang dirasakan oleh ibu hamil selain karena perubahan hormonal, juga muncul akibat kerja yang meningkat beberapa organ vital seperti ginjal, jantung serta paru-paru. Meningkatnya kinerja organ tersebut di tujukan untuk menopang pertumbuhan calon buah hati dalam kandungan.

Sembelit

Muncul di sebabkan arena adanya peningkatan hormon progesterone.

Sering meludah

Sering meludah terjadi akibat pengaruh perubahan hormon estrogen pada tubuh ibu, Umum terjadi pada usia kehamilan trimester pertama. dan akan menghilang dengan sendirinya setelah kehamilan memasuki usia trimester kedua

Payudara yang membesar dan (kadang) nyeri

Sang ibu akan merasakannya sama seperti saat mendekati mens. Ukuran Payudara Anda menjadi lebih besar dari ukuran biasanya, dan kadang terasa nyeri jika disentuh. 

Tidak Mengalami haid atau menstruasi

Walaupun hal ini tidak pasti berarti suatu kehamilan, akan tetapi tidak haid bisa merupakan tanda bahwa anda hamil.

Tanda-tanda kehamilan pada tulisan di atas tidak semua perempuan mengalaminya akan tetapi kebanyaan wanita akan mengalaminya, bahan ada juga yang tida merasakan sama sekali tanda tanda di atas. Untuk mengetahui secara pasti anda bisa melakukan test kehamilan dengan test pack atau di periksakan ke dokter spesialis kandungan.

Semoga dengan mengetahui apa saja tanda tanda awal kehamilan anda dan keluarga bisa lebih baik dalam persiapan menyambut lahirnya buah hati.[]