Tenaga Surya, Energi Surya dan Pemanfaatannya

Updated at : January 11, 2015
Tenaga Surya sering disamakan dengan energi surya ( matahari ) padahal menurut beberapa sumber tenaga surya memiliki pengertian yang berbeda dengan energi surya, tenaga surya mempunyai pengertian proses perubahan atau konversi sinar matahari menjadi energi listrik. Sedangkan energi matahari (surya ) menurut kamus besar bahasa indonesia memiliki arti
sumber utama energi atmosfer yang penyebarannya di seluruh muka bumi merupakan pengendalian yang besar terhadap cuaca dari iklim, selain berpengaruh terhadap tanaman dan binatang.
Sedangkan menurut wikipedia energi surya adalah energi yang berupa panas dan sinar yang bersumber dari matahari.
Tenaga Surya, Energi Surya dan Pemanfaatannya

 Pemanfaatan energi surya :

1.  Sebagai Sumber energi listrik
Salah satu pemanfaatan energi ini adalah dengan mengubahnya menjadi energi listrik, karena jumlahnya yang tidak terbatas energi matahari ini sangat cocok di jadikan sumber energi listrik. Banyak negara yang sudah mengembangkan dan membangun pembangkit listrik tenaga surya ( PLTS ).
2. Untuk membantu mngeringkan hasil pertanian.
3. Untuk memasak menggunakan kompor tenaga surya.
4. Pencahayaan bertenaga surya.
5. Pemanasan bertenaga surya, untuk memanaskan air, memanaskan dan mendinginkan ruangan,
6. Desalinisasi dan desinfektisasi
7.Untuk digunakan menjalankan kendaraan menggunakan tenaga matahari diantaranya mobil, pesawat terbang, perahu dan balon udara.
8. Salah satu pemanfaatan tenaga ini dalam pertanian adalah rumah kaca.

Demikian sedikit informasi mengenai tenaga surya, energi surya dan pemanfaatannya semoga bermanfaat bila ada yang ingin menambahkan silahkan atau mungkin yang mau mengoreksi juga silahkan. []