Apa itu Waruga ? Pengertian dan fungsi

Updated at : February 19, 2015
Apa itu Waruga ? Waruga adalah kubur batu yang mempunyai bentuk kubus atau bulat dengan tutup yang berbentuk menyerupai atap rumah.

Waruga merupakan kubur atau makam leluhur dari orang Minahasa yang bahan pembuatannya terbuat dari batu yang terdiri dari dua bagian ( bagian atap dan bagian bawah ).

Pada bagian atapnya yang mirip atap rumah, terdapat banyak pahatan dan hiasan seperti manusia, hewan, tumbuhan dan berbagai bentuk hiasan lainnnya.

Bagian atas waruga berbentuk segitiga seperti bubungan atau atap rumah dan bagian bawahnya berbentuk kotak yang bagian tengahnya ada ruang sebagai tempat meletakkan jenazah.

Fungsi waruga

Waruga mempunyai bentuk dan fungsi yang serupa dengan sarkofagus yaitu sebagai makam atau peti jenazah, tetapi pada waruga penempatan posisi mayat jongkok terlipat.

Waruga merupakan salah satu peninggalan dari zaman megalitikum atau zaman batu besar yang masih bisa kita jumpai hingga saat ini.

Waruga merupakan salah satu peninggalan sejarah asli dari indonesia yaitu dari daerah minahasa.

Guna melindungi dan menjaga kelestarian waruga maka sejak tahun 1976 mulai dilakukan penataan, yang hasilnya pada tahun 1978 telah menjadi satu lokasi tempat waruga yang di beri nama Taman Waruga Sawangan.

Disamping pengaturan peletakan juga ditanam tanaman hias dan dibuat jalan setapak untuk memudahkan akses pengunjung.

Demikian pembahasan tentang pengertian waruga dan fungsinya semoga bermanfaat bagi pembaca semua. []