Teori Asal usul nenek moyang bangsa indonesia

Updated at : February 06, 2015
Teori Asal usul nenek moyang bangsa indonesia - Ada beberapa teori tentang sejarah nenek moyang bangsa indonesia berasal. Hal ini berkaitan dengan asal usul manusia purba di indonesia.

a. Teori afrika
Teori ini menyatakan kalau nenek moyang umat manusia berasal dari benua afrika kurang lebih pada tahun 200.000 SM, setelah mengalami proses evolusi mereka kemudian menyebar ke seluruh benua yang ada di dunia. Proses penyebaran terjadi sangat lambat di mulai tahun 200.000 SM - 60.000 SM, manusia menyebar ke seluruh wilayah benua afrika kemudian pada tahun 60.000 SM manusia mulai menyebar ke wilayah timur tengah, asia selatan, asia tenggara, sampai benua australia. Namun teori ini mempunyai bukti-bukti yang mendukungnya sangatlah terbatas.

b. Teori Yunan
Teori ini menyatakan bahwa manusia purba di indonesia atau nenek moyang bangsa ini berasal dari yunan bagian cina selatan. Teori ini berdasarkan adanya kesamaan artefak  dan bahasa melayu yang berkembang di nusantara serumpun dengan bahasa yang ada di negara kamboja. dengan kata lain kemiripan bahasa melayu dengan bahsa kamboja menandakan adanya pertalian dengan daratan yunan. Serta artefak kapak tua yang di temukan di indonesia mempunyai kemiripan dengan kapak tua yang ditemukan di daerah asia tengah.
Asal usul nenek moyang bangsa indonesia
Menurut teori ini datangnya orang yunan ke wilayah nusantara terdiri dari tiga gelombang yaitu : perpindahan orang negrito, perpindahan orang proto melayu, dan perpindahan orang melayu deutro.
  • orang negrito, dipercaya sebagai penduduk paling awal di wilayah nusantara yaitu sejak 1000 SM, hal ini berdasarkan dari penemuan arkeologi di gua cha kelantan negara malaysia.
  • proto melayu, perpindahan terjadi antara tahun 2.500 SM, mempunyai perdaban yang lebih maju dari orang negrito karena sudah mampu bercocok tanam.
  • melayu deutro, diperkirakan terjadi pada tahun 1.500 SM, mereka hidup di daerah pantai serta mahir dalam berlayar.
c. Teori Nusantara
Teori ini menyatakan bahwa asal muasal nenek moyang bangsa nusantara berasal dari wilayah nusantara itu sendiri. Jadi manusia purba yang kelak menjadi nenek moyang bangsa indonesia berasal dari wilayah indonesia sendiri.

Dari ketiga teori diatas mana yang benar ? tentu hanya tuhanlah yang tahu.
Jika terdapat kesalahan mohon koreksinya demi kemajuan bersama. Demikian informasi tentang Asal usul nenek moyang bangsa indonesia semoga bermanfaat bagi pengunjung semua mungkin ada yang ingin menambahkan silahkan, jika bermanfaat bagikan ke teman-temanmu agar mereka juga bisa merasakan manfaatnya.[]