Klasifikasi tumbuhan paku pakuan

Updated at : February 01, 2015
Klasifikasi tumbuhan paku - Tumbuhan yang dapat hidup di semua muka bumi kecuali gurun pasir dan daerah bersalju abadi ini termasuk dalam kingdom Plantae (tumbuhan) dan di klasifikasikan menjadi  yaitu : Psilophytinae/Psilopsida ( Paku Telanjang atau Paku Purba ), Equisetinae/Spenopsida ( Paku ekor kuda ), Lycopodiinae / Lycopsida ( Paku kawat ) dan Filicinae ( Paku sejati ).

a.) Kelas Psilophytinae/Psilopsida ( Paku Telanjang atau Paku Purba )

Adalah tanaman paku purba atau paku telanjang karena tidak berdaun atau daunnya kecil (mikrofil), ada pula yang tidak berakar sejati, dan kebanyakan dari jenis memang sudah punah dan bisa kita  temukan dalam bentuk fosil. Salah satu jenis tanaman dari jenis paku purba yang masih eksis hidup sampai saat ini adalah Psilotum nudum.

bagian tubuh Psilotum nudum
b.) Kelas Equisetinae/Spenopsida ( Paku ekor kuda )

Tanaman ini mempunyai bentuk cabang batang yang khas karena berbentuk ulir dan lingkaran yang sekilas mirip dengan ekor kuda. Tumbuhan jenis ini biasa tumbuh dai daerah yang berpasir. Mempunyai sporoit dengan daun kecil yang melingkar pada batangnya. Batang tumbuhan ini mempunyai rongga-rongga dan mempunyai ruas.

c.) Kelas Lycopodiinae / Lycopsida ( Paku kawat )

Tanaman ini juga hidup pada zaman purba dan kebanyakan telah berubah menjadi fosil. Mempunyai tinggi ukuran tubuh rata-rata tiga meter dan habitatnya dirawa-rawa. Keringnya rawa-rawa sebagai habitat hidup paku kawat dipercaya menjadi penyebab punahnya tumbuhan ini. Ada beberapa jenis dari tanaman ini yang amsih bertahan hidup eksis sampai saat ini tetapi kebanyakan berukuran tubuh kecil dan tumbuh di hutan tropis. Disebut paku kawat karena tanaman ini memiliki batang yang berbentuk menyerupai kawat.
Contohnya : Lycopodium dan Isoetes.

d.) Filicinae ( Paku sejati )

Paku sejati merupakan tanaman yang sering kita jumpai di lingkungan sekitar kita, biasa disebut dengan pakis. Paku sejati sudah mempunyai daun yang berukuran besar atau makrofil, daun muda tanaman ini mempunyai ciri unik yakni menggulung. Tumbuhan paku sejati juga sudah mempunyai tulang dan daging daun(mesofil).
Contohnya :
paku tiang (Alsophila glauca) biasa tumbuh di pegunungan, mempunyai bentuk menyerupai pohon palem, batang tanaman ini berwarna hitam.
suplir (Adiantum cuneatum) biasa ditanam sebagai tanaman hias
semanggi (Marsilea crenata) habitat hidupnya di tanah berair, biasa di konsumsi sebagai sayuran.

Demikian sedikit informasi tentang klasifikasi tumbuhan paku semoga bermanfaat dan menambah wawasan pembaca semua.[]