Manfaat Tumbuhan Paku Bagi Kehidupan Manusia

Updated at : February 01, 2015
Manfaat Tumbuhan Paku Bagi Kehidupan - Tumbuhan paku merupakan salah satu tumbuhan purba yang masih lestari hidupnya sampai saat ini, Bagi sebagian orang istilah tumbhan paku mungkin terdengar asing hal ini di karenakan Tumbuhan paku terdiri dari kurang lebih sampai sepuluh ribu spesies. Sedangkan yang tumbuh dan hidup di alam indonesia di perkirakan mencapai anga tiga ribu macam. Contoh yang umum di indonesia yang masuk dalam jenis tumbuhan ini adalah pakis, ekor kuda, suplir dan tanduk rusa.

Tumbuhan paku dapat hidup di seluruh permukaan tanah di seluruh muka bumi kecuali di padang pasir dan daerah yang selalu tertutup oleh salju ( salju abadi ). Tidak seperti kebanyakan tanaman berpembuluh kayu yang berkembang biak dengan biji tanaman ini berkembang biak dengan menggunakan spora.
ilustrasi tumbuhan paku

Kebanyakan orang mungkin hanya menganggap tanaman ini sebagai gulma, tetapi tahukah kamu jika tanaman ini juga mempunyai manfaat bagi kehidupan manusia berikut contohnya.

Inilah beberapa Manfaat dari tumbuhan paku :

Untuk menjadi pelindung tanaman persemaian.
Contohnya : Gleichenia linearis

Bisa di manfaatkan sebagai tanaman hias untuk mempercantik lingkungan rumah.
contohnya :
paku tanduk rusa (nama lainnya platycerium bifurcatum), paku sarang burung (nama lainnya Asplenium sp), suplir (nama lainnya Adiantum sp) dan paku rane (nama lainnya selaginella sp)

Sebagai bahan baku untuk pembuatan obat.
contohnya : paku sarang burung (nama lainnya Asplenium sp), Dryopteris filix mas, dan Lycopodium clavatum.

Beberapa jenis tanaman ini bisa di konsumsi sebagai sayuran.
contohnya : semanggi (marsilea crenata) dan pteridium aqualium

Bisa di manfaatkan untuk bahan untuk pembuatan pupuk hijau.
contohnya : azolla piƱata,

Bisa di jadikan salah satu hiasan dalam karangan bunga.
contohnya : Lycopodium cernuum.

Karena tanaman ini sudah ada sejak zaman dahulu sehingga banyak yang sudah menjadi fosil dan fosil tersebut bisa di gunakan sebagai bahan bakar yang berwujud batu bara.

Dapat digunakan sebagai media untuk penaman tanaman anggrek. 
yaitu : paku tiang (Alsophilla glauca)

Jangan lupa baca juga artikel tentang ciri ciri tumbuhan paku.
Semoga pembahasan tentang manfaat tumbuhan paku di atas bisa bermanfaat bagi pembaca semua dan jika menurut kamu artikel ini bermanfaat jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu ya.[]