Pengertian Sejarah

Updated at : February 06, 2015
Pengertian Sejarah - Menurut pendapat sejarawan William H Freederick secara etimologis kata "sejarah" diserap dari bahasa arab "syajaratun" yang mempunyai arti pohon. Kata pohon digunakan untuk untuk menunjukan bahwa sejarah mempunyai awal(akar) serta terus menerus tumbuh dari sederhana menuju ke tingkat yang kompleks. Bisa di gambarkan jika sejarah serupa pohon yang terus mengalami perkembangan dari akar sampai ke ranting yang paling kecil.

Kata syajaratun lalu berkembang dalam bahasa melayu menjadi kata syajarah, dan dalam bahasa indonesia menjadi sejarah yang mempunyai arti gambaran silsilah atau keturunan.

Sejarah ternyata tidak hanya berarti peristiwa yang telah terjadi di masa lampau, tetapi sejarah juga berarti kajian atau penelitian yang sistematis atas peristiwa itu, dengan katra lain sejarah juga adalah ilmu.  Sampai disini kita sudah mengetahui dua ruang lingkup sejarah yaitu,  sejarah sebagai peristiwa dan sejarah sebagai ilmu.

Pengertian Sejarah

Ada beberapa pendapat tentang pengertian sejarah, Berikut ada pengertian sejarah menurut para ahli.

1. Menurut Herodotus
Seorang filsuf terkenal dari yunani mengatakan bahwa sejarah merupakan suatu kajian untuk menceritakan seluk beluk jatuh bangunnya seorang tokoh, masyarakat dan peradaban.

2. Menurut Ibnu khaldun
mendefinisikan sejarah sebagai catatan tentang manusia atau peradaban manusia serta keseluruhan proses perubahan yang terjadi.

3. Menurut RG Collingwood
mendefinisikan sejarah sebagai penyelidikan tentang hal-hal yang telah dilakukan manusia pada masa lampau.

4. Menurut R Mohamad Ali
mendefinisikan sejarah sebagai :
* keseluruhan perubahan, kejadian, peristiwa, realitas atau kenyataan yang benar-benar telah terjadi di sekitar kita .
* cerita tentang perubahan perubahan itu.
* Ilmu yang menyelidiki semua perubahan, kejadian, peristiwa dan kenyataan yang benar-benar terjadi di masa lampau

Dengan memperhatikan berbagai macam definisi di atas dapat dicapai kesimpulan pengertian sejarah sebagai berikut : Sejarah adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari bebagai peristiwa atau kejadian penting dalam kehidupan umat manusia pada masa lampau.
Terdapat tiga unsur pokok sejarah yaitu ruang, waktu dan manusia.

Perlu kita ketahui bahwa tidak semua peristiwa pada masa lampau kehidupan manusia bisa dikatakan sebagai sejarah . Sebuah peristiwa pada masa lampau bisa dikatakan sebagai sejarah jika mempunyai syarat. Syarat tersebut yaitu objektif, unik dan penting.

Demikian informasi tentang Pengertian Sejarah semoga bermanfaat bagi pengunjung semua mungkin ada yang ingin menambahkan silahkan.[]