Zaman Mesolitikum ( Zaman Batu Madya )

Updated at : February 12, 2015
Zaman Mesolitikum ( Zaman Batu Madya ) - Secara bahasa mesolitikum bisa diartikan sebagai batu tengah. Zaman ini terjadi kira-kira pada masa sepuluh ribu tahun yang lalu pada masa holosen. Bila di ban
dingkan dengan zaman sebelumnya zaman batu tengah ini mengalami perkembangan budaya yang lebih cepat, Lebih cepatnya perkembangan budaya pada zaman ini disebabkan oleh beberapa hal yaitu ;
  1. keadaan alam pada masa ini relatif lebih stabil sehingga manusia bisa hidup dengan suasana yang lebih tenang, karena hidup lebih tenang mereka dapat mengembangkan kebudayaan mereka.
  2. Manusia pendukung kebudayaan mesolitikum yaitu homo sapiens lebih cerdas dari pendahulunya.
Zaman ini adalah tahapan perkembangan manusia pada masa pra sejarah antara zaman batu tua dengan zaman batu muda. kehidupan manusia purba pada masa ini tidak begitu berbeda dengan masa-masa sebelumnya berburu atau mengumpulkan makanan merupakan cirinya. Tetapi manusia pada masa ini sudah mulai memiliki tempat tinggal semi tetap serta sudah melakukan bercocok tanam tetapi masih sederhana. Tempat tinggal manusia pada masa ini kebanyakan mempunyai lokasi di tepi pantai dan di goa-goa, karena banyak ditemukannya bekas-bekas kebudayaan zaman ini di lokasi-lokasi tersebut.

Pada masa mengumpulkan makanan tingkat awal atau paleolitikum dan tingkat lanjut atau mesolitikum alat-alat yang berasal dari tulang dan tanduk hewan digunakan untuk keperluan sehari-hari, contohnya memukul, menggali tanah, jarum, pisau dan lainnya. Alat yang terbuat dari tulang ini banyak ditemukan di pulau sumatra, pulau jawa, pulau bali, dan nusa tenggara bagian timur.

Manusia yang hidup di zaman batu tengah sudah mempunyai kemampuan membuat gerabah dari bahan tanah liat, Barang-barang hasil budaya yang di temukan antara lain kapak genggam Sumatra (Sumatralith pebble culture), alat dari bahan tulang yang di temukan di Sampung (bone culture), dan beberapa flake yang di temukan di daerah Toala (flakes culture).

Abris sous roche adalah manusia purba yang tinggal di gua-gua di tebing pantai, dimana banyak ditemukannya tumpukan sampah dapur dari zaman batu tengah yang menggunung sampai tinggi 7 meter yang di sebut dengan kjokkenmoddinger.

    Ciri zaman Mesolithikum:
  1. Masih melakukan kegiatan mengumpulkan makanan.
  2. Sudah memiliki tempat tinggal semi tetap.
  3. Sudah mempunyai kemampuan bercocok tanam secara sederhana.
  4. Kebanyakan bertempat tinggal di tepi pantai dan di goa-goa.
Di Sampung tempat di temukannya alat-alat yang terbuat dari tulang, Van Stein Callenfels menemukan juga fosil ras Austromelanosoid, yang di perkirakan merupakan nenek moyang dari suku bangsa Papua saat ini.
Zaman Mesolitikum ( Zaman Batu Madya )
ilustrasi lukisan dinding gua
Hasil budaya lain dari zaman ini adalah lukisan gua, yang di teliti oleh dua orang bersaudara yaitu Roder dan Galis terutama lukisan gua yang ada di wilayah Papua. Dari penelitian tersebut, di dapat bukti bahwa lukisan itu di buat untuk tujuan sebagai bagian ritual kepercayaan seperti upacara untuk menghormati nenek moyang, upacara inisiasi, upacara meminta kesuburan dan upacara meminta hujan.

Demikian pembahasan tentang Zaman Mesolitikum ( Zaman Batu Madya ) semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.[]