Fakta Dan Sejarah Menarik Pulau Sumatra

Updated at : April 28, 2015
Fakta Dan Sejarah Menarik Pulau Sumatra - Pulau Sumatera, pulau yang namanya sebenarnya berasal dari sebutan penjelajah asal Maroko ini memiliki banyak fakta dan sejarah tersendiri. Seperti halnya dengan fakta nama Pulau Sumatera. Pada awalnya Pulau Sumatera berasal dari nama kerajaan Samudera yang terletak di ujung Aceh. Namun ketika Ibnu Bathuta yang merupakan penjelajah asal Maroko ini datang mengucapkan sebutan Samudera menjadi Sumatera yang hingga kini nama tersebut telag tercatat di banyak peta pada abad 16. Padahal nama sebenarnya Pulau Sumatera bukanlah itu, tahukah Anda bahwa pasalnya nama asli Pulau Sumatera yang banyak tercatat di buku-buku sejarah adalah “Pulau Emas”

Puncak Tertinggi Indonesia

Sumatera tercatat sebagai tempat yang memiliki puncak tertinggi Indonesia di luar Pulau Papua yakni gunung kerinci yang terletak diwilayah Jambi. Bagi para wisatawan yang berhasil mendaki puncak Kerinci akan bisa menikmati seluruh pemandangan Sumatera seperti Jambi, Aceh bahkan Samudera Hindia juga bisa dilihat dengan sangat indahnya.

Aneka Macam Suku

Di Pulau Terluas dari Indonesia tersebut tersimpan banyak kekayaan negara kita yang tidak bisa dibeli dengan uang. Yaitu suku dan budaya Indonesia, ada lebih dari 10 suku yang hidup rukun di Sumatera meskipun yang terbanyak adalah suku melayu yang hidup tersebar diseluruh wilayah Sumatera. Tetapi lepas dari itu, suku-suku lain yang ada di Sumatera adalah Minangkabau, batak, basemah, rajang, lampung dan masih banyak suku-suku lainya. Meskipun begitu kenyataanya hingga saat ini masyarakat Sumatera dapat hidup berdampingan dengan tenang. Jikalau terjadi beberapa perselisihan antar suku sudah pastinya kita menyadari apa yang harus kita lakukan. Semakin berkembangnya teknologi harusnya membuat kita semakin mudah berbagi ilmu dan pandangan betapa pentingnya perdamaiana dan mencintai kekayaan ciri khas bangsa.
Fakta Dan Sejarah Menarik Pulau Sumatra
Pulau Sumatra, wikipedia
Jalur Transportasi Pulau Sumatera

Di Pulau Sumatera ada 3 jalur transportasi yang bisa dimanfaatkan yaitu jalur laut barat, timur dan tengah meskipu hanya bagian jalur laut barat dan timur yang banyak digunakan untuk menghubungkan dengan daerah-daerah lain diluar wilayah sumatera. Apalagi perkembangan teknologi saat ini yang semakin mempermudah jalur taransportasi sehingga tak menutup kemungkinan siapa saja untuk mengunjungi Sumatera.

Baca juga artikel : Fakta Perkembangan Bioskop Indonesia.

Demikian artikel yang kami rangkum dari berbagai sumber apabila ada kesalahan di dalam penulisan dan pembahasan di atas mohon saran perbaikannya agar sekiranya bisa lebih baik lagi. Semoga tulisan tentang Fakta Dan Sejarah Menarik Pulau Sumatra memberi manfaat bagi para pembaca semua. []