Fakta Dan Sejarah Museum Di Jakarta

Updated at : April 25, 2015
Fakta Dan Sejarah Museum Di Jakarta - Berkunjung ke kota metropolitan Jakarta tak lengkap rasanya kalau tidak turut serta mencicipi suasana sejarah di kota tua tersebut. Ya, tidak ada yang membantah bahwa Jakarta adalah salah satu kota yang menjadi saksi bisu perkembangan sejaran dan teknologi dari negara kita hingga akhirnya banyak museum bersejarah yang berdiri dan dijadikan tujuan wisata bagi para wisatawan. Berikut fakta dan sejarah mengenai beberapa museum terkenal yang ada di Jakarta.

1.     Musem Fatahillah

Museum yang paling terkenal dan sering dijadikan tujuan wisata ketika berkunjung ke Jakarta adalah museum fatahillah. Museum ini menjadi ikon atau pusat tersendiri kawasan kota tua di daerah jakarta. Museum ini bukanlah bangunan baru yang memang dibangun untuk dijadikan museum. Melainkan sebuah balai kota Batavia yang telah didirikan sejak 308 tahun yang lalu yang kemudian dialih fungsikan menjadi museum.

 2.     Museum Seni Rupa Dan Keramik

Jika pada masa penjajahan belanda dahulu terdapat kantor dewan kehakiman khusus kolonial belanda yang telah berdiri sejak tahun 1870 itu, saat ini tidak akan Anda temukan lagi di Jakarta. Yang Anda temukan hanyalah beberapa barang peninggalan dari tempat tersebut karena lokasi kantor dewan tersebut juga beralih fungsi menjadi museum seni dan keramik. Bangunan yang megah dengan ditumpu oleh 8 pilar-pilar tiang yang besar dan kuat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

3.     Museum Wayang

Di jakarta memang banyak musem yang menarik minat wisatawan dan para sejarawan untuk menggali sejarah bangsa kita pada jaman dahulu. Termasuk musium wayang yang terletak satu kompleks dengan museum fatahillah. Sama seperti dua museum sebelumnya, museum ini juga bekas bangunan pada masa penjajahan Belanda tepatnya gereja De Oude Hollandsche.

Selain 3 museum tersebut masih banyak museum lain yang menjadi saksi bisu perkembangan ilmu dan teknologi mulai jaman penjajahan hingga kini. Seperti museum bank mandiri, museum bank indonesia dan juga stasiun jakarta yang menjadi ikon khusus kota jakarta. Banyak yang akan dapat kita pelajari jika mengunjungi museum-museum tersebut.
Musem Fatahillah
Museum Fatahillah, wikipedia
Baca juga artikel : Misteri Benua Yang Hilang.
Demikian artikel yang kami rangkum dari berbagai sumber apabila ada kesalahan didalam penulisan dan pembahasan di atas mohon saran perbaikannya agar sekiranya bisa lebih baik lagi. Semoga tulisan tentang Fakta Dan Sejarah Museum Di Jakarta memberi manfaat bagi para pembaca semua. []