Fakta Perkembangan Bioskop Indonesia

Updated at : April 28, 2015
Fakta Perkembangan Bioskop Indonesia - Salah satu hiburan yang menjadi favorit anak muda saat ini adalah bioskop. Ya, layar lebar yang menjadi tempat menonton film saat ini sangat mudah. Nah, tentunya kita penasaran kapan dan bagaimana layar lebar tersebut tersebar di Indonesia. Berikut saya ulas beberapa perkembangan bioskop di Indonesia.

Tahun 1990-1994
Tahun 1990 adalah tahun awal masuknya bioskop ke Indonesia. Berbeda dengan awal masuknya bioskop di perancis yang langsung terbentuk bioskop permanen di tempat khusus, di Indonesia bioskop pertama kali muncul di halaman sebuah rumah orang berdarah Belanda tepatnya tanggal 5 desember 1990.

Hingga 3 tahun kemudia tempat ini meresmikan lokasinya dan mengganti namanya menjadi The Roijal Bioscope. Hingga satu tahun berikutnya bioskop semakin diperlihatkan pada khalayak ramai mengenai adanya gambar bergerak. Namun tidak semewah sekarang mungkin lebih tepatnya seperti layar tancap.

1942
Ketertarikan masyarakat terhadap bioskop mulai rusak karena adanya propaganda Jepang sehingga banyak yang tidak tertarik untuk menonton film kembali. Akibatnya, banyak gedung bioskop yang sudah berdiri jadi kosong tak berfungsi bahkan hanya digunakan sebagai gedung penyimpanan bahan-bahan pembuatan film. Namun beberapa tahun kemudia film kembali dihidupkan dengan masuknya film-film amerika yang mulai banyak diminati masyarakat.

Tahun 1960, Setelah film dan bioskop kembali diminati masyarakat, film dan bioskop mulai dimanfaatkan untuk hal-hal yang berbau politik. Sehingga banyak film-film amerika yang mulai dibatasi dan diboikot penayanganya. Hingga pada tahun 1970an pecinta dan pihak-pihak yang peduli dengan bioskop mulai bersatu untuk menghidupkan kembali bioskop. Karena pemerintah sudah mulai membuka kesempatan untuk para pemilik bioskop mengimpor film-film luar negeri.
Fakta Perkembangan Bioskop Indonesia
bioskop
Tahun 1987 menjadi tahun bangkitnya dan keemasan bioskop karena mulai dikenalkanya bioskop berkonsep moderen yang pertama kali ada di jalan Jenderal Gatot Subroto. Mereka memakai konsep yang memberikan kenyaman untuk para penonton yaitu membangun satu bangunan yang berisi 4 ruangan bioskop dan memberlakukan penjaga tiket oleh gadis-gadis cantik. Sejak saat itu bioskop semakin berkembang dan inovatif seperti saat ini yang lebih mudah kita nikmati.

Baca juga artikel : Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi Indonesia.

Demikian artikel yang kami rangkum dari berbagai sumber apabila ada kesalahan di dalam penulisan dan pembahasan di atas mohon saran perbaikannya agar sekiranya bisa lebih baik lagi. Semoga tulisan tentang Fakta Perkembangan Bioskop Indonesia memberi manfaat bagi para pembaca semua. []