Pengertian Demokrasi

Updated at : April 19, 2015
Pengertian Demokrasi - Demokrasi merupakan kata yang sudah sangat akran bagi masyarakat karena sejak duduk di bangku sekolah hal-hal yang berkaitan dengan demokrasi sudah di ajarkan, sampai dalam kehidupan bermasyarakat kita juga sudah melakukan proses demokrasi, sebagai contoh sederhana yaitu pemilihan ketua RT dilingkungan tempat tinggal kita.

Tahukah anda apa pengertian demokrasi ? berikut ini blog kopi-ireng.com mencoba membahasnya untuk anda, silahkan di simak selengkapnya.

Menurut enslikopedi bebas wikipedia kata demokrasi pertama kali muncul di Yunani kuno yaitu di negara-kota Athena yang Di pimpin oleh Cleisthenes, warga dari Athena mendirikan sebuah negara yang umum di anggap sebagai negara demokrasi pertama di tahun 508-507 SM. Demokrasi sendiri berasal dari bahasa yunani yaitu demos dan cratos . Demos mempunyai arti penduduk sedangkan kratos mempunyai arti kekuasaan.

Dari asal kata dan artinya bisa disimpulkan bahwa Demokrasi adalah kekuasaan yang berada di tangan rakyat. Maksud dari pengertian ini yaitu rakyat adalah merupakan pemegang kekuasaan tertinggi.

Sedangkan Abraham Lincoln mendefinisikan, Demokrasi adalah pemerintah dari rakyat , oleh rakyat , dan untuk rakyatt. Sidney Hook mendefinisikan, demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan dimana keputusan - keputusan pemerintah yang penting secara langsung atau tidak di dasarkan pada hasil kesepakatan mayoritas yang di berikan secara bebas oleh rakyat dewasa. Dan menurut Samuel Huntington, Demokrasi itu ada jika setiap pemegang kekuasaan di dalam suatu negara di pilih secara umum , adil , dan jujur , para peserta boleh bersaing dengan bersih dan semua lapisan masyarakat mempunyai hak yang setara dalam pemilihan.

Di Indonesia sendiri demokrasi yang berjalan berdasarkan berdasarkan atas nilai nilai yang terkandung di dalam pancasila sehingga umum di sebut sebagai demokrasi pancasila.

Baca juga tulisan mengenai pengertian globalisasi.

Apabila ada kesalahan didalam penulisan dan pembahasan di atas mohon saran perbaikannya agar sekiranya bisa lebih baik lagi. Semoga tulisan tentang Pengertian Demokrasi memberi manfaat bagi para pembaca semua. []