Pengertian Globalisasi dan Dampaknya

Updated at : April 15, 2015
Pengertian Globalisasi  Menurut Para Ahli

Berikut pembahasan secara lengkap tentang pendapat para ahli yang mendefinisikan makna dari globalisasi.

Menurut Selo Soemardjan
Selo Soemardjan mendefinisikan, Globalisasi ialah suatu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat diseluruh dunia, yang bertujuan untuk mengikuti sistem dan kaidah kaidah tertentu yang sama

Menurut Achmad Suparman
Achmad Suparman mendefinisikan, Globalisasi ialah suatu proses menjadikan sesuatu yaitu benda atau perilaku sebagai ciri dari setiap individu didunia ini tanpa di batasi oleh wilayah tertentu .

Menurut Thomas L. Friedman
Thomas L. Friedman mendefinisikan, Globalisasi mempunyai dimensi idhiology dan teknologi. Dimensi idhiology yakni kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi adalah teknologi informasi yang telah menyatukan dunia.

Menurut Malcom Waters
Malcom Waters mendefinisikan, Globalisasi ialah suatu proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma dalam kesadaran orang .

Menurut Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan
Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan mendefinisikan, Globalisasi ialah suatu proses yang meliputi penyebab, kasus, dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural kegiatan manusia dan non-manusia.

Menurut Emanuel Ritcher
Emanuel Ritcher mendefinisikan, Globalisasi ialah jaringan kerja global secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi ke dalam saling ketergantungan dan persatuan dunia

Menurut Anthony Giddens
Anthony Giddens mendefinisikan, Globalisasi sebagai "intensifikasi hubungan sosial seluruh dunia yang menghubungkan daerah yang jauh dalam sedemikian rupa sehingga kejadian lokal di bentuk oleh peristiwa yang terjadi bermil-mil jauhnya dan sebaliknya"

Menurut Martin Albrown
Martin Albrown mendefinisikan, Globalisasi menyangkut seluruh proses di mana penduduk didunia terhubung kedalam komunitas dunia tunggal , komunitas global.

Menurut  Princenton N. Lyman
Princenton N. Lyman mendefinisikan, Globalisasi ialah pertumbuhan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan antara Negara - negara di dunia dalam hal perdagangan dan keuangan .

Menurut  Laurence E. Rothenberg
Laurence E. Rothenberg mendifinisikan, Globalisasi ialah percepatan dan intensifikasi interaksi dan integrasi antara orang - orang , perusahaan dan pemerintah dari negara yang berbeda .

Menurut  Scholte
Scholte mendefinisikan, Globalisasi di artikan sebagai meningkatnya hubungan internasional . Dalam hal ini masing - masing negara tetap mempertahankan identitasnya masing - masing , namun menjadi semakin tergantung satu dengan yang lain .
Dampak Globalisasi

Terjadinya sebuah proses tentu mempunyai dampak baik itu positif ataupun negatif, sama halnya dengan proses globalisasi ada dampak yang muncul dari proses globalisasi. Berikut ini adalah dampak dari globalisasi baik itu positif dan negatif.

Dampak Positif dari Globalisasi

  1.     Komunikasi yang menjadi semakin cepat dan gampang .
  2.     Meningkatnya taraf hidup masyarakat .
  3.     Mudahnya mendapatkan informasi serta ilmu pengetahuan .
  4.     Tingkat pembangun yang makin tinggi .
  5.     Meningkatnya turisme dan pariwisata .
  6.     Meningkatnya ekonomi menjadi lebih produktif, efektif, serta efisien .

Dampak Negatif dari Globalisasi

  1.     Informasi yang tak terkendali .
  2.     Muncul dan tumbuhnya sikap individualisme .
  3.     Berkurangnya sikap solidaritas, gotong royong, kepedulian dan kesetiakawanan
  4.     Perusahaan dalam negeri lebih mementingkan perusahaan dari luar ketimbang perusahaan    yang ada dalam negeri membuat perusahaan dalam negeri sulit berkembang .
  5.     Berkurangnya tenaga kerja pertanian akibat dari sektor industri yang menyerap seluruh petani.
  6.     Budaya bangsa semakin terkikis.
Demikian informasi tentang Pengertian Globalisasi dan Dampak globalisasi yang saya rangkum dari berbagai sumber, semoga dapat memberi manfaat bagi para pembaca semua. Apabila terdapat kesalahan di dalam penulisan dan pembahasannya di atas mohon saran perbaikannya agar sekiranya bisa lebih baik lagi. Baca juga tulisan beberapa pengertian manajemen.[]