Pulau Bali; Fakta Dan Sejarah

Updated at : April 26, 2015
Fakta dan sejarah pulau bali - Pulau Bali adalah pulau yang terkenal sebagai tempat terfanatik dalam hal budaya dan juga wisatanya. Memang ciri khas kebudayaan masyarakat bali patut kita acungi jempol, karena mereka berhasil menjadikan budaya mereka menjadi daya tarik sehingga menarik banyak wisatawan. Lepas dari itu semua banyak fakta sejarah dari Pulau Bali sendiri yang belum banyak kita ketahui.

Ajaibanya Pura Besakih Lolos Dari Letusan Gunung
Tahun 1963 menjadi tahun terjadinya bencana besar di Pulau Bali tepatnya karena amukan gunung agung yang menumpahkan laharnya. Kabarnya bencana itu merenggut 1500 korban jiwa dan menghancurkan 65,000 hektar lahan yang menjadi tempat mata pencaharian masyarakat bali. Namun, ajaibnya pura besakih yang terletak hanya 6.5 kilometer dari lokasi kejadian sama sekali tidak tersentuh bencana tersebut.

Memiliki Spesies Harimau Sendiri
Meskipun harimau bali sudah punah yang diiringi dengan punahnya harimau jawa dan harimau kaspih tetap saja tercatat bahwa bali telah memiliki spesies harimau sendiri. Hal ini tentu saja di catat sebagai fakta dan sejarah Pulau Bali.

Penyebaran Agama Hindu
Beberapa orang percaya bahwa agama hindu berasal dari Pulau Bali saat terjadi invasi besar-besaran kerajaan hindu dan islam. Namun peneliti lain mengatakan jika agam hindu berasal dari Pulau Jawa. Dan perkembangan agama hindu sendiri di Pulau Bali memakan waktu beberapa abad meskipun di ketahui sejarah bahwa bali pernah memiliki hubungan yang kuat dengan kerajaan maja pahit dan merasakan sedikit masa kejayaan di bawah kebijaksanaan pemerintahan kerajaan majapahit.

Norma Pergi Tanpa Busana, Sebagian pakar budaya menerjemahkan banyaknya peninggalan lukisan yang berada di museum bali. Disitu didapatkan hasil tersendiri bahwa pergi keluar rumah tanpa menggunakan baju adalah norma atau aturan tersendiri bagi masyarakat bali jaman dahulu. Namun seiring dengan peningkatan teknologi dan masuknya teknologi pada masyarakat bali membuat kebiasaan tau norma pergi tanpa mengenakan busana tersebut semakin lama semakin berkurang. Ditambah dengan semakin banyaknya norma kemanusiaan umum yang bertentangan dan memaksa mereka untuk tidak mempertahankan kebiasaan yang memerlukan bahasan lebih lanjut.
Pulau Bali; Fakta Dan Sejarah
Pulau Bali, Wikipedia

Baca juga artikel : Fakta Dan Sejarah Museum Di Jakarta.

Demikian artikel yang kami rangkum dari berbagai sumber apabila ada kesalahan di dalam penulisan dan pembahasan di atas mohon saran perbaikannya agar sekiranya bisa lebih baik lagi. Semoga tulisan tentang Fakta dan sejarah pulau bali memberi manfaat bagi para pembaca semua. []