Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi Indonesia

Updated at : April 27, 2015
Perkembangan teknologi kemunikasi saat ini semakin luas dan tidak dapat dibatasi. Seiring dengan perkembangan tersebut semakin banyak orang yang melupakan sejarah lama bagaimana proses komunikasi di negara tercinta kita ini jaman dahulu jauh sebelum adanya telepon atau SMS. Tentu kita membayangkan bagaimana repot dan lamanya mereka harus berkomunikasi jika terpisah jarak. Nah, agar kamu lebih bisa berkembang dan menghargai sejarah teknologi kita, berikut sejarah komunikasi di Indonesia yang perlu kita ketahui.

Surat

Surat menyurat rupanya adalah cara berkomunikasi dengan jarak jauh pertama yang dipilih. Surat menyurat sudah terjadi sejak jaman kerajaan. Mereka menggunakan banyak media untuk menulis surat karena masih sulitnya kertas pada jaman dahulu. Media yang sering digunakan adalah kayu, dedaunan hingga kulit hewan. Teknologi surat menyurat semakin berkembang begitu Belanda sampai dan menguasai indonesia. Ditambah dengan aktifnya beberapa kantor pos yang membuat surat-menyurat menjadi semakin lancar.

Telegraf

Pada tahun 1855 menjadi awal sejarah dimulainya fenomena teknologi kemunikasi baru yaitu telegraf. Pengirim pesan singkat yang hanya bisa digunakan menggunakan sandi morse ini sangat menjadi primadona saat itu. Padahal awal adanya telegraf ini dimaksudkan untuk mengirim pesan-pesan yang berhubungan dengan perang yang bersifat sangat rahasia. Hingga kemudia telegraf menjadi ispirasi tersendiri ditemukanya teleprinting dan telegram yang semakin memudahkan masyarakat untuk berkomunikasi.

Telefon, Semakin meluasnya teknologi telegraf membuat permintaan masyarakat terhadap telegraf semakin tinggi. Hal itupula yang melatar belakangi munculnya telefon di indonesi. Meskipun telepon sudah ditemukan oleh alexander graham bell sejak tahun 1876, di Indonesia sendiri telepon baru digunakan setelah 6 tahun kemudian. Dan lokasi pertama yang mendapat kehormatan mendapat jaringan telepon hanyalah Gambir ke Batavia. Sejak saat itu, komunikasi Indonesia semakin berkembang hingga saat ini.
Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi Indonesia
image by google
Telegram

Pada tahun 1920 teknologi komunikasi indonesia semakin berkembang dengan hadirnya telegram. Telegram memiliki cara kerja hampir sama dengan telegraf hanya saja biayanya lebih murah dari pada biaya telepon meskipun perhitungan biaya dari telegram dihitung perkarakter tidak menutup ketertarikan pada masyarakat.

Baca juga artikel : Pulau Bali; Fakta Dan Sejarah.

Demikian artikel yang kami rangkum dari berbagai sumber apabila ada kesalahan di dalam penulisan dan pembahasan di atas mohon saran perbaikannya agar sekiranya bisa lebih baik lagi. Semoga tulisan tentang Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi di Indonesia memberi manfaat bagi para pembaca semua. []