Taj Mahal: Sejarah, fakta dan informasi lainnya

Updated at : April 20, 2015
Sejarah Taj Mahal - Taj Mahal merupakan sebuah monumen yang terletak di kota Agra, Negara India. Pembangunan taj mahal di prakarsai oleh raja india dari dinasti mughal yang bernama Kaisar Shah Jahan, ia merupakan putra dari Jahangir. Ia memerintah dari 19 Januari 1628 sampai 31 Juli 1658 ( kurang lebih 30 tahun 193 hari ).

Taj Mahal di bangun oleh Kaisar Mughal, Shah Jahan sebagai monumen pengingat akan meninggalnya sang istri yang sangat ia cintai, Mumtaz Mahal adalah nama istrinya.

Proses pembangunannya memerlukan waktu kurang lebih 22 tahun ( datri 1630 sampai 1653 ) dan merupakan sebuah adi karya dari arsitektur Mughal.

Di perkirakan biaya yang diperlukan guna membangun Taj Mahal pada masa itu kurang lebih 32 juta rupee, yang apabila dinilai dengan nilai uang pada masa sekarang merupakan jumlah yang sangat besar ykni lebih dari RP. 1 triliun.

Dalam proses pembangunannya jumlah pekerja yang terlibat ada kurang lebih 20.000 orang pekerja, yang terdiri dari buruh bangunan, tukang batu, ahli lukis, seniman kaligrafi dan lain-lain.

Taj Mahal di artiteki oleh Ahmed Lahauri. Selain melibatkan pekerja dari manusia pembangunan monumen ini juga melibatkan hewan yaitu gajah yang digunakan untuk mengangkut batu-batu berukuran besar. Jumlahnya juga sangat fantastis yaitu mencapai 1000 ekor gajah.

Material yang digunakan untuk membangun tembok bangunan megah inimenggunakan marmer putih dengan kualitas yang sangat bagus.
Taj Mahal: Sejarah, fakta dan informasi lainnya
Taj Mahal
Marmer tersebut di datangkan dari Rajasthan, Afghanistan, Tibet serta Tiongkok/cina. Selain marmer pada banguanan ini juga terdapat batu mulia yang berfungsi sebagai hiasan.

Banyak hiasan interior ataupun eksterior dari bangunan ini yang berbentuk tulisan kaligrafi.
Fakta menarik lainnya ialah adanya tulisan kaligrafi disamping makam Mumtaz Mahal yang bertuliskan 99 nama-nama  Allah .

Struktur bangunan pada taj mahal bisa dibilang paling simetris di dunia karena struktur pada bangunannya mempunyai 4 sisi yang identik sempurna . Bisa di ibaratkan separuh dari taj mahal seperti cermin bagi separuh yang lain.

Ada empat menara yang terdapat di monumen ini dan semuanya di bangun dengan posisi sedikit menjorok keluar agar jika suatu saat roboh tidak mengenai struktur utama dari bangunan ini.

Bangunan ini pernah rusak saat terjadi pemberontakan ditahun 1857, Meski kerusakan yang timbul tidak begitu parah hanya taman dan beberapa bagian gedung yang rusak.

Terjadi renovasi besar besaran pada akhir abad ke-19, oleh Lord Curzon seorang Raja Muda dan baru selesai ditahun 1908 M. Taman yang terdapat di monumen tersebut merupkan hasil dari proses renovasi yang di buat dengan semirip mungkin dengan yang asli.

Taj Mahal di tetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia dengan tipe budaya. []