Contoh Daftar Pustaka Dan Penulisan Daftar Pustaka Yang Baik

Updated at : January 12, 2016
Contoh Daftar Pustaka - Di dalam sebuah karya tulis baik itu buku, makalah atau karya tulis jenis lainnya di dalamnya pasti terdapat Daftar pustaka yang terletak di akhir buku atau halaman terkhir dari buku. Pasti ada dari teman-teman yang bertanya-tanya, apa sih itu daftar pustaka ?

Pengertian dari daftar pustaka yaitu sebuah daftar yang berisi sumber-sumber bacaan yang di gunakan untuk bahan acuan dalam penulisan karya tulis, seperti buku dan makalah.

Cara Penulisan daftar pustaka umumnya terdapat perbedaan bergantung dari mana sumber informasi yang digunakan oleh penulisnya. Berikut ini kopi-irengdotcom mencoba membahasnya untuk anda, silahkan di simak selengkapnya.

contoh daftar pustaka yang baik dan benar berdasarkan sumbernya 



Contoh Daftar Pustaka yang bersumber dari  buku :



Anduk, Budi. 2011. Teknik Dasar Photosop. Semarang: Sinar Kreatif
Fauzi, Anis. 2012. Beternak Lele. Magelang: Sinar Harapan
Pamungkas, Budi. 2012. Cara Menulis yang Benar. Bangkalan: Sinar Abadi

Di dalam penulisan menulis daftar pustaka buku setidaknya ada empat macam yang harus di tulis yaitu 
  1. Nama penulis.
  2. Tahun penerbitan.
  3. Judul buku.
  4. Tempat terbit.
  5. Nama penerbit.
   Dari tiga contoh di atas ada beberapa hal yang bisa kita lihat yaitu Nama pengarang ditulis dari nama belakangnya, kemudian tahun, judul buku, kota penerbit, dan Penerbit.  Selain itu pengurutan dari atas ke bawah berdasarkan abjad ( A-Z ) dan judul buku di tulis cetak miring.


Contoh  Daftar Pustaka Yang Bersumber Dari Koran :



Hastuti 3 januari, 2011. Tips Beternak Bekicot. Mentari Pos, hlm 11 dan 12.


Contoh Daftar Pustaka Yang Bersumber Dari Kamus/Ensiklopedia :


Stafford-Clark, D. 1978. Mental disorders and their treatment. The New Encyclopedia Britannica. Encyclopedia Britannica. 23: 956-975.



Contoh Daftar Pustaka Yang Bersumber Dari Internet / Website :


Damaryanti, 2015 Contoh Daftar Pustaka Dan Penulisan Daftar Pustaka Yang Baik, http://www.kopi-ireng.com/2015/05/contoh-daftar-pustaka-dan-penulisan.html


Contoh Daftar Pustaka Yang Bersumber Dari UU, dan Kepres :


Republik Indonesia, 2003 Undang-undang sistem pendidikan nasional, Jakarta: Sekretariat Negara.

Bila kita sudah tahu bagaimana menulis sebuah daftar pustaka tentu kita tidak akan mengalami kesulitan yang berarti dalam membuatnya.

Cara dalam menulis sebuah daftar pustaka dalam sebuah literatur dengan literatur yang lain tidaklah sama karena semua tergantung pada tujuan penelitian atau kajian ilmiah literatur tersebut dibuat. Didalam teknik menulis daftar pustaka harus di bedakan sumbernya, apa itu berasal dari internet, dari buku atau dari jurnal lainnya karena sudah adanya peraturan pemerintah di dalam undang-undang menulis daftar pustaka.

Mungkin tulisan di atas masih kurang lengkap saya rasa, untuk melengkapinya anda bisa mencari informasi lainnya di situs-situs lain yang membahasnya. Apabila terdapat kesalahan didalam penulisan dan pembahasan di atas mohon saran perbaikannya agar sekiranya bisa lebih baik lagi karena manusia tak pernah luput dari kesalahan. Semoga tulisan Contoh Daftar Pustaka Dan Penulisan Daftar Pustaka Yang Baik memberi manfaat bagi para pembaca semua. []