Printer : Pengertian, Fungsi dan Informasi Lainnya

Updated at : May 11, 2015
Pengertian printer ialah suatu alat atau perangkat keras  yang di pakai untuk mencetak tampilan monitor ke dalam kertas. Informasi yang di cetak dapat berupa teks atau pun berupa sebuah gambar.

Bila di lihat berdasarkan dari teknologi yang di pakai untuk melakukan pencetakan, macam macam printer bisa di bedakan menjadi 3 macam yaitu dot-matrix, laser, dan ink-jet.

Printer dot-matrix merupakan sebuah jenis printer yang menggunakan kepala cetak yang berupa sekumpulan jarum. sekumpulan jarum tersebut kemudian memukul pita dan kemudian menghasilkan cetakan pada lembaran kertas.

Printer laser merupakan jenis printer yang menggunakan sinar laser guna mengendalikan pencetakan. Printer laset jet merupakan satu jenis printer yang metode pencetakan nya menggunakan tinta bubuk atau yang toner dengan menggunakan perangkat infra merah. Hasil cetak printer jenis ini lebih bagus dan dengan waktu yang lebih cepat bila dibandingkan dengan jenis printer lainnya.

Printer ink-jet merupakan jenis printer yang cara kerjanya melakukan cetakan dengan menggunakan tinta cair.

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi pada masa sekarang sudah ada jenis printer yang multifungsi Yakni printer yang sudah dapat digunakan sebagai alat cetak, fotocopy dan juga scanner, bahkan sudah ada beberapa jenis yang bisa digunakan layaknya mesin faksimile.

Fungsi printer ialah berguna untuk mencetak tulisan atau gambar dan atau data jenis lain dari komputer/laptop kemedia yang berupa kertas ataupun sejenisnya.Sedangkan istilah resolusi pada printer yang bisa dikenal dengan dpi ( dot per inch ). Mempunyai makna adalah banyaknya jumlah titik dalam suatu area dengan luas 1 inchi.

Demikian sekilas tulisan tentang pengertian printer, fungsi printer dan jenis printer  semoga bisa menambah wawasan pengetahuan kita semua.()