Cara Mengusir Semut Dengan 12 Bahan Alami Di sekitar Kita

Updated at : August 03, 2015
Semut merupakan serangga sosial yang biasa kita jumpai di sekitar lingkungan rumah. Penyebaran serangga ini hampir merata di semua permukaan bumi kecuali di beberapa tempat seperti islandia dan greenland.

Semut hidup secara berkoloni dengan tiap koloni berjumlah ribuan ekor, Dalam koloni terdapat beberapa jenis perbedaan tugas yang spesifik seperti semut yang bertugas manjaga sarang, mencarai makanan, membesarkan anak dan lain-lain.

Serangga ini mempunyai kurang lebih 12.000 jenis, yang sebagian besar hidup di wilayah tropika.
Serangga ini merupakan salah satu hewan terkuat di dunia karena mampu menobang beban 50 kali dari berat tubuhnya sendiri.
Cara Mengusir Semut
Ilustrasi semut via wikipedia

Serangga ini memberi kontribusi yang besar untuk keseimbangan ekologis alam. Tetapi jika koloni semut hidup di dalam rumah kita, serangga ini menjadi salah satu serangga yang mengganggu kenyamanan kita.

Bagi anda yang ingin mengusir semut dari rumah anda ada baiknya anda mencoba dengan bahan-bahan alami yang sangat mudah di jumpai di sekitar kita daripada menggunakan zat kimia yang bisa menimbulkan efek sampuing bagi kesehatan.

Cara Alami untuk Mengusir Semut

Berikut ini merupakan beberapa macam bahan alami di sekitar kita yang bermanfaat untuk mengusir semut.

1. Cuka

Semprotkan cuka di tempat-tempat yang sering di lewati semut, cuka memiliki aroma yang kuat dan semut tidak menyukainya.

2. Mentimun

Tahukah anda jika ada satu fakta unik tentang serangga yang bernama semut ini, Semut ternyata tidak menyukai rasa dari buah mentimun lho.

Nah berbekal info di atas kita bisa meletakkan irisan buah mentimun di daerah yang biasa di lewati oleh serangga ini untuk menghalau mereka.

3. Mint

Daun mint yang telah kering bisa di hancurkan hingga berubah menjadi bubuk lalu bubuk tersebut kita taburkan di tempat semut biasa berkumpul.

Selain daun mint kita juga bisa memanfaatkan kantong teh ( beraroma) mint bekas guna mengusir semut.

4. Jus Lemon

Untuk memanfaatkan jus lemon kita bisa mencampur jus dengan air kemudian hasil campuran tersebut kita semprot di tempat yang terdapat banyak serangga semut.

5. Sabun

Anda bisa meyemprot larutan sabun dan air di daerah yang banyak semutnya, atau bisa juga dengan mengoles sabun pada lubang rumah semut guna mengusirnya.

6. Bubur jagung

Letakkan bubur jagung di beberapa tempat semut sering berkumpul, Bubur ini akan mengembang stelah di makan. Setelah serangga kecil ini memakan bubur ini, bubur akan mengembang di perut serangga ini dan serangga ini akan mati di buatnya.

7. Garam/Lada

Sebarkanlah garam di sarang hewan ini atau pada sudut-sudut ruangan atau anda juga bisa melarutkan garam menggunakan air panas lalu semprotlah ke tempat semut-semut berkumpul atau didaerah yang banyak terdapat serangga ini.

8. Bubuk Kopi

Anda bisa menebarkan kopi bubuk di daerah rumahyang banyak semut atau di retakkan-retakkan bangunan agar serangga ini tidak masuk dan membuat sarang di dalamnya.

9. Gemuk/grease

Oleskan gemuk atau grease di tempat kerumunan semut.

10. Bedak Bayi

Anda bisa menaburkan bedak bayi di sarang-sarang semut, aroma dari bedak tidak di sukai semut sehingga semut akan pergi.

11. Bubuk Cabe/Kayu Manis

Anda dapat menebarkan  Bubuk Cabe/Kayu Manis pada sarang serangga mungil ini untuk mengusir mereka.

12. Parfum

Anda bisa memanfaatkan kapas sebagi media penyimpan aroma, Celupkanlah bola-bola kapas ke dalam parfum yang beraroma kuat. Kemudian taruhlah di tempat dimana anda ingin terbebas dari serangga kecil ini. Selain itu anda juga dapat menyemprotkan parfum langsung ke lubang sarang semut guna menghalaunya.

Demikian sedikit uraian tentang cara mengusir semut dengan bahan alami yang kami rangkum dari berbagai sumber semoga bermanfaat.[]





No comments: