Sel Tumbuhan, Organel Dan Fungsi

Updated at : August 30, 2015
Organel Sel Tumbuhan dan Fungsinya - Apakah kamu sedang mencari info mengenai sel tumbuhan, organel dan fungsinya ? Berikut ini merupakan uraian singkat yang bisa menjawab info yang tengah kamu cari. Tulisan ini berisikan informasi singkat mengenai daftar organel yang ada di dalam sel tanaman serta peran masing-masing dari organel tersebut. Organel-organel sel tumbuhan dan fungsinya bisa kamu baca di bawah ini.
Sel Tumbuhan, Organel Dan Fungsi
Ilustrasi Sel Tumbuhan Via brainly.co.id

A. Nukleus atau Inti Sel
Nukelus atau inti sel merupakan organel yang memiliki peran mengatur kegiatan sel. Inti sel bertanggung jawab didalam proses reproduksi, yang mana di dalam inti sel mengandung materi genetik (DNA) yang akan diwariskan kepada sel berikutnya.

B. Plastida (Kloroplas)
Plastida (Kloroplas) merupakan bagian dari sel tumbuhan yg menbawa pigmen klorofil. Plastida memiliki fungsi yaitu membantu tanaman untuk bisa melakukan proses fotosintesis dengan sempurna.

C. Ribosom 
Ribosom merupakan organel yang mempunyai ukuran kecil dan padat terdapat di dalam sel. Ribosom mempunyai fungsi sebagai tempat dalam sintesis protein yang mengandung protein (40persen) dan Asam ribonukleat atau RNA (60persen).

D. Mitokondria 
Mitokondria merupakan organel yang mempunyai membran rangkap yaitu membran dalam serta membran luar. mitokondria berguna didalam memecah karbohidrat kompleks serta gula.

E. Badan Golgi (Kompleks Golgi)
Badan Golgi merupakan kantung pipih bertumpuk yang terdiri serta terikat oleh membran dengan ukuran kecil dan besar. Badan golgi memiliki fungsi mengangkut zat kimia dari luar ke dalam serta keluar sel, sesudah lemak dan protein disintesis oleh retikulum endoplasma.

F. Retikulum Endoplasma (RE) 
Retikulum Endoplasma merupakan organel yang menghubungkan nukleus dengan sitoplasma. Retikulum endoplasma terbagi menjadi dua yaitu Retikulum endoplasma kasar dan halus. Retikulum Endoplasma memiliki fungsi yaitu penghubung serta pengangkut struktur steroid, protein, glikogen serta senyawa lain..

G. Vakuola
Vakuola merupakan organel penyimpan yg membantu mengatur tekanan turgor di sel tumbuhan.

H. Peroksisom
Peroksisom merupakan organel sitoplasma y g mengandung enzim oksidatif.. Enzim oksidatif dipakai didalam proses pemecahan metabolisme asam lemak menjadi gula sederhana. Peroksisom mempunyai fungsi memecah asam lemak menjadi gula serta membantu kloroplas di proses fotorespirasi.

Demikian sedikit ulasan mengenai organel sel tumbuhan dan fungsinya yang dirangkum dari berbagai sumber, semoga bermanfaat.[]





No comments: