Fakta Menarik Tentang Planet Uranus

Updated at : September 27, 2015
Uranus adalah nama dari sebuah planet didalam sistem tata surya kita, Planet ini mengorbit pada matahari dengan jarak jutaan kilometer. Berikut ini adalah informasi menarik tentang Planet uranus dan penjelasannya.

Tahukah kamu fakta menarik mengenai Planet Uranus ? Berikut ini beberapa di antaranya :

1. Planet Uranus merupakan planet ketujuh dari matahari. Planet ini merupakan planetbterbesar ketiga serta terberat keempat didalam tata surya.

2. Uranus merupakan salah satu planet gas raksasa selain planet Jupiter dan planet Saturnus,

3. Pemberian nama Planet Uranus didapat dari nama “Uranos”, Nama tersebut merupakan nama dewa langit Yunani kuno kakek dari dewa Zeus (Jupiter) dan Bapak dari Cronos (Saturnus).
Planet Uranus
Orbit Planet Uranus via wikipedia
4. Uranus memiliki sudut kemiringan sumbu yaitu 97 derajat. Hal ini mempunyai arti bahwa kutub selatan dari Uranus mengarah lurus ke planet bumi.

Kemiringan yang cukup ekstrim ini diperkirakan terjadi akibat objek sebesar bumi yang menabrak Uranus pada saat proses pembentukannya.

5. Akibat dari kemiringan yang unik tersebut, saat malam di salah satu kutubnya bisa berlangsung sampai 21 tahun.

Karena malam yang berlangsung lama itu bagian planet tersebut tidak memperoleh cahaya matahari selama kurun waktu tersebut.

6. Hidrogen, helium, dan metana merupakan bagian utama dari atmosfer planet ini.

Tahukah kamu apa yang membuat Uranus berwarna tampak kebiruan. Hal itu bisa terjadi karena gas metana menyerap semua cahaya merah dari matahari dan kemudian memantulkan sinar berwarna biru.

7.  Waktu yang di butuhkan planet Uranus untuk satu kali mengorbit matahari adalah 84 tahun.

8. Semua bulan planet Uranus yang berjumlah 27 diberi nama dari karakter karya Alexander Pope dan Shakespare

Umumnya nama bulan atau satelit alam yang dimiliki planet lain diberi nama sesuai dengan karakter mitologi Yunani serta Romawi.

9. Selain planet Saturnus yang mempunyai cincin, planet lain yang juga mempunyai cincin adalah Uranus.

Tetapi tidak sama seperti cincin planet Saturnus yang tersusun dari es serta berwarna cerah, cincin dari planet Uranus mempunyai warna yang sangat gelap serta tidak terlalu luas hanya memunyai lebar beberapa km saja. Para astronom menyakini jika cincin ini belum lama terbentuk.

10. Diketahui baru satu pesawat ruang angkasa yang pernah mengunjungi planet Uranus. Yaitu wahana NASA Voyager 2 melintas planet Uranus di bulan Januari tahun 1986.

Wahana Voyager 2 mengambil ribuan foto-foto Uranus serta bulannya setelah itu kemudian melanjutkan perjalanan menuju planet Neptunus.

11.  -224 °C merupakan suhu rata-rata permukaan Uranus, Hal ini menjadikan Uranus sebagai planet terdingin di tata surya.

12. Ada 2 macam cara untuk mengucapkan nama dari planet ini. Cara paling umum ialah mengucapkannya sebagai “your-anus”. Hal tersebut sering memicu rekasi lucu sehingga guna menghindari hal tersebut,  para astronom mulai mengucapkannya sebagai “urine-iss”.

13. Dikarenakan jaraknya yang cukup jauh dari planet kita Bumi sekitar 2,57 miliar km planet ini kelihatan bergerak sangat-sangat lambat di langit malam.

Selama bertahun-tahun, Planet Uranus dianggap sebagai sebuah bintang. Hingga di tahun 1781 tanggal 13 maret seorang lelaki yang bernama Sir William Herschel menyadari Uranus merupakan sebuah planet.

14. Uranus berputar dari timur ke barat seperti Venus, Hal ini merupakan kebalikan dari arah rotasi  planet kita bumi.

15. Kecepatan rotasi Uranus adalah 2,59 km/detik atau sama dengan 9.320 km/jam! []





No comments: