Fakta Planet Merkurius dan Penjelasannya

Updated at : September 29, 2015
Planet Merkurius merupakan planet terkecil didalam sistem tata surya kita serta planet yang paling dekat dengan Matahari. Nama Merkurius diambil dari nama salah satu dewa bangsa Romawi.

Tahukah kamu setelah Planet Pluto tidak lagi dikelompokkan sebagai planet di tata surya kita, Merkurius menjadi planet yang terkecil.
Planet Merkurius
wikipedia
Berikut adalah fakta mengenai Planet Merkurius:

1. Merkurius merupakan planet terdekat dengan Matahari.

Mempunyai Orbit berbentuk oval dengan jarak paling dekat dengan matahari kurang lebih 47 juta km sedang jarak paling jauh 70 juta km.

Planet ini memer;lukan waktu 88 hari untuk merampungkan orbit mengelilingi matahari dan melaju dengan kecepatan hampir 50 km/detik, sedangkan waktu rotasinya adalah 59 hari.

2. Pengamatan keberadaan Merkurius telah dimulai di zaman sumeria atau sejak abad ketiga SM.

Orang Yunani di zaman Hesiod menamakan Merkurius dengan dua nama yaitu Stilbon dan Hermaon karena orang yunani sebelum abad ke lima sebelum masehi mengira jika Merkurius itu merupakan dua buah benda ruang angkasa yang berbeda, Satu hanya terlihat di saat Matahari terbit dan yang satu hanya terlihat di saat Matahari tenggelam.

3. Permukaan planet ini sangat mirip dengan permukaan bulan.

Merkurius mempunyai permukaan dengan banyak kawah yang tercipta akibat tabrakan asteroid dan meteor. Planet ini tidak memiliki atmosfer. Merkurius mempunyai inti besi yang menciptakan medan magnet dengan kekuatan 0.1% dari kekuatan medan magnet planet bumi.

Suhu pada permukaan Merkurius berkisar diantara 90 - 700 Kelvin (atau jika dalam satuan celcius sama dengan -180 sampai 430 derajat Celcius).

Mempunyai kontur yang beraneka ragam mulai dari dataran sampai pegunungan dengan ketinggian lebih dari 1 kilometer.

4. Merkurius mempunyai inti besar yang diperkirakan sebagian mempunyai bentuk cair.

Para ahli dari bumi memperkirakan jika inti planet ini menempati 42 % dari volumenya (bandingkan dengan inti Bumi yang hanya menempati 17% dari volume Bumi). Menurut hasil penelitian terbaru, kemungkinan besar inti dari Merkurius berbentuk cair.

Inti dari planet ini di tutup mantel setebal 600 kilometer dan Merkurius diduga memiliki kerak setebal 100 sampai 200 kilometer.

5. Merkurius tidak mempunyai Atmosfer ?

Gaya tarik yang di miliki planet ini sangat lemah sehingga membuat planet ini tidak bisa mempertahankan atmosfernya sendiri. Maksudnya tidak ada atmosfer tipis layaknya di planet Mars atau atmosfer seperti di planet Bumi.

Tapi hal ini tak berarti planet paling dekat dengan matahari ini tidak mempunyai atmosfer. Atmosfer planet ini terdiri atas atom berbagai macam unsur. Tetapi akibat panasnya permukaan planet, atom-atom tersebut dengan cepat terlepas ke luar angkasa.

6. Merkurius merupakan planet ekstrem.

Suhu pada permukaan Merkurius berkisar diantara 90 - 700 Kelvin (atau jika dalam satuan celcius sama dengan -180 sampai 430 derajat Celcius).
Baca juga Fakta Menarik Tentang Planet Uranus.

7. Merkurius tidak mempunyai bulan atau satelit alam.

Hingga saat ini planet ini belum diidentifikasi memiliki satelit alam.

8. Waktu yang tepat untuk melihat Merkurius adalah subuh atau maghrib.

Planet ini mempunyai kecerahan berkisar antara -2 sampai 5,5 dalam magnitudo tampak namun tidak mudah terlihat dikarenakan sudut pandangnya dengan Matahari cukup kecil. Merkurius hanya bisa terlihat pada waktu subuh dan atau maghrib.

9. Merkurius merupakan planet yang paling sedikit diteliti diantara planet dalam sehingga Tidak begitu banyak yang diketahui tentang Merkurius.

Tidak begitu banyak yang diketahui tentang planet Merkurius hal ini dikarenakan hanya ada satu buah pesawat luar angkasa yang pernah mendekati planet ini yakni Mariner 10 di tahun 1974 sampai tahun 1975. Mariner 10 berhasil memetakan sekitar 40 - 45% dari permukaan planet Merkurius.[]






No comments: